Lamaran Kerja Ditolak? Gini Cara Buat Lamaran kerja Anti Ditolak (+Contoh Surat Lamaran)

lamaran kerja

Cara Buat Lamaran kerja Anti Ditolak (+Contoh Surat Lamaran)

Lamaran Kerja sering kali jadi penghalang buat kita melamar pekerjaan, antara susah dan gampang, gampang bagi yang udah berpengalaman dan susah bagi kita para “newbie” pencari pekerjaan, masalah lamaran kerja perlu kita beresin tuh biar kita gampang dapet kerjaan.

Nah lantas gimana kita membuat lamaran pekerjaan yang gampang dan buat kita diterima?

#1 Something awesome

Sedikit cerita pengalaman pribadi penulis, pernah melamar pekerjaan pada satu perusahaan dan ditolak karena apa? karena tidak menarik, jadi sebenernya untuk bisa mendapat pekerjaan itu butuh “something awesome” yang membuat para perekrut tertarik buat merekrut kamu.

Nah, “something awesome” itu yang harus kamu tulis dan kamu buat istimewa pada saat melakukan pengumpulan berkas, seperti, kalo kamu punya tingkat pendidikan catumkan tingkat pendidikan pada kolom berbeda, atau didahulukan setelah nama.

Jadi, para pembaca melihat itu pertama kali dan akan melirik dengan kamu terlebih dahulu dibandingkan dengan para pelamar yang lain.

Kalo saya hanya memiliki pendidikan yang tidak begitu tinggi gimana dong?

Nah, di atas kan hanya contoh, kamu bisa membuat lamaran pekerjaanmu dengan data diri yang lengkap seperti pengalaman kerja, keahlian, portofolio, minat, dan bakatmu, jadi manfaatkan semua hal tersebut jadi “something awesome”.

#2 Sesuaikan Dengan Kemampuan dan Keahlian

Selanjutnya, kalo melamar pekerjaan kita perlu sesuaikan dengan keahlian dan pengalaman, jadi banyak yang nyari kerjaan gak sesuai dengan keahlian dan pengalaman jadinya kamu memang pantas untuk ditolak. Jadi, logikanya seperti ini kawan: “saya butuh orang yang bisa nulis panjang dan rapi, tapi kamu orangnya buat mengolah kata-kata dalam tulisan saja belum mahir, jadi saya gak akan nerima kamu”.

mau nanya dulu, lebih penting pendidikan atau pengalaman? kalo mau tau jawabannya lihat nih artikel satu ini pentingnya pengalaman kerja

Kalo sesuai dengan kemampuan dan keahlian kita kan jadi lebih enak, tinggal nanti dibuat di dalam lamaran pekerjaan dan diterusin ke tahap selanjutnya yaitu seleksi dengan wawancara.

Beberapa freshgraduate (orang-orang yang baru lulus) nih biasanya udah dibekalin sama universitas mereka atau sekolah mereka untuk menghadapi seleksi pekerjaan dari awal mereka buat lamaran sampe teknik wawancara, salah satu yang mereka pelajari itu membuat CV yang kreatif, tujuannya agar dibaca ama sang perekrut.

Kita sendiri yang belum mengenyam indahnya kuliah atau pun kerasnya dunia pekerjaan bakal langsung ke depak kalo gak punya trik khusus, tadi udah dua trik yang disampaikan mari lanjut ke trik khususnya.

Apa tuh trik khususnya? Orang dalem kah? Atau pake pelet? (bercanda)

#3 CV powerfull

Ikuti cara para freshgraduate melampirkan CV kreatif + tulis dengan menambahkan minat ekstrisik si pembaca, kalo membuat CV kreatif mungkin kamu bakalan kalah dengan para lulusan baru, tapi kalo kamu nulis lamaran kerjaan kamu dengan dilampirkan CV dan ditambahkan hal-hal yang diminati perusahaan kamu bakalan mudah diterima.

Apa saja yang dapat mempengaruhi minat perusahaan, perekrut, dan pembuka lowongan kerja?

Pahami dengan baik hal-hal berikut:

Visi & Misi Perusahaan

Seharusnya kalo kamu mau melamar pekerjaan kamu harus tahu visi & misi perusahaan biar kamu itu dapat menarik perhatian perekrut dengan menyamakan yang ada pada diri kamu dengan perusahaan.

Visi & Misi masalah esensial loh dalam perusahaan, jadi mereka melihat dengan benar nih para pelamar yang sesuai dengan dasar prinsip mereka, karenakan mereka mencari yang terbaik, kalo kamu dari sebegitu banyaknya pelamar sudah punya kesamaan dengan perusahaan kamu bisa dengan mudah menarik perhatian mereka.

Dimana tuh kita bisa menempatkan kesamaan visi & misi perusahaan pada lamaran kerja kita?

Kamu bisa menempatkan hal itu pada moto hidup, quote inspirasi, minat, dan kolom lainnya yang sesuai dengan kaidah lamaran kerjaan kamu nantinya.

Tata Cara Kerja atau Budaya Organisasi

Selanjutnya perhatikan dengan seksama bagaimana perusahaan ini bekerja, kalo kamu serius dengan melamar pekerjaan, kamu juga perlu memperhatikan tata cara mereka bekerja, sebagai contoh ya kamu melamar jadi guru TK, kamu menambahkan pada kolom CV itu dengan minat: senang bermain dengan anak kecil ditambah sebagai pribadi periang.

Kalo kamu enggak begitu, kamu bisa saja kalah dengan para pelamar lain, karena di mata mereka kamu dengan mereka itu sama, tidak ada yang membedakan hanya latar belakang, seperti kelahiran, kota asal, tinggal dan lainnya yang itu dianggap biasa saja.

Jadi perlu penegasan agar kamu itu memang orang yang cocok diterima untuk pekerjaan tersebut.

Satu hal lagi nih, ada teori psikologi tentang minat, di dalamnya dibahas tentang bagaimana orang lain itu menyukai seseorang, pada tahap awal mereka perlu identifikasi agar mereka menyukai seseorang, jadi kamu juga perlu seperti itu yaitu “membuat diri kamu diidentifikasi dengan baik” dengan menuliskan lamaran pekerjaan simple tapi lengkap.

Kebanyakan teori mungkin ya?

Padahal prakteknya gak jauh beda kok, perlu menuliskan data diri dengan baik dan lengkap, kalo enggak, bakalan susah dilirik.

Dari Pada Bingung dengan Penjelasan di atas saya lampirkan contoh surat lamaran kerja & CV yang pernah dibuat oleh penulis

Silahkan dilihat:

Contoh Lamaran Kerja

 

semoga mudah mendapatkan pekerjaan, salam dari cobisnis.com

 

Related Post

Bantu Bagikan Artikel
  • 4
    Shares
  • 4
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *