Pentingnya Pengalaman Kerja Dalam Sesi Wawancara dan Kerja?

Pentingnya Pengalaman Kerja Dalam Sesi Wawancara dan Kerja

penagalaman bekerja

Pengalaman kerja adalah salah satu kunci sukses diterimanya di suatu perusahaan, banyak yang telah membuktikan, bahkan para HRD dari berbagai perusahaan terang-terangan mengatakan, salah satu faktor yang menentukan diterima atau tidaknya seorang pelamar adalah pengalaman.

Kesempatan untuk setiap pelamar tidaklah dibatasi, namun dengan adanya pengalaman kerja, hal itu membantu perusahaan dan pelamar untuk beradaptasi dengan kultur kerja.

Banyak dari lulusan baru yang tidak memiliki pengalaman kerja pada bidang yang ingin mereka dapatkan, tentu saja beberapa orang gagal, namun tidak semua lulusan baru seperti itu, ada saja perusahaan yang menerima lulusan baru tanpa melihat pengalaman.

Pengalaman kerja dapat anda dapatkan dari proyek-proyek informal atau pun bidang keprofesian yang formal, semua itu adalah hal berharga untuk dibagikan dan diaplikasikan dalam dunia kerja, sebetulnya pengalaman kerja tidak hanya sebatas dipandang untuk pamer, namun juga bermanfaat pada sesi interview atau pun pada saat kerja.

Apa Kelebihan Dari Memiliki Pengalaman Kerja?

Kebutuhan Pengalaman Kerja Pada Tenaga Ahli

Di beberapa negara, sektor informal menerapkan perekrutan para karyawannya dengan melihat pengalaman kerja yang telah dimiliki, tidak peduli seberapa tinggi pendidikan yang pernah dienyam.

Alasan mengapa pengalaman kerja sangat dipertimbangkan pada posisi tenaga ahli karena pengalaman mengatasi permasalahan dan menemukan solusi, tidak semua lulusan yang sekolah tinggi dapat memecahkan masalah pada tingkat tinggi dan sulit, karena kemungkinan mereka akan berkaca kepada teori tanpa melihat realita permasalahan.

Salah satu tenaga ahli yang paling sering mengutamakan pengalaman kerja adalah bidang IT, kerumitan dalam bidang IT perlu diselesaikan oleh tenaga ahli yang berpengalaman, semakin anda memiliki pengalaman bekerja, semakin mudah pula anda melamar ke beberapa perusahaan besar.

Meningkatkan Kepercayaan

Pengalaman kerja sendiri meningkatkan kepercayaan perusahaan terhadap kemampuan anda, pengalaman kerja seperti testimonial yang hidup, proyek-proyek yang berhasil akan menjadi hitungan perusahaan untuk menilai seberapa hebat anda dalam menangani pekerjaan nantinya.

Melamar pekerjaan adalah soal bagaimana kita meyakinkan dan membuat orang lain -dalam hal ini- pewawancara dari perusahaan terhadap apa yang kita tawarkan, hampir sama dengan berjualan, bagaimana anda dapat meyakinkan pembeli terhadap apa yang anda jual.

Sayangnya kepercayaan sulit untuk dibangun kecuali dengan hal-hal tambahan, pengalaman kerja menjadi bukti bahwa anda kompeten pada bidang tersebut, selain nilai-nilai dari jenjang akademis, sebagai sarat formal.

Memudahkan Dalam Bekerja

efesiensi dalam bekerja

Tidak dapat dipungkiri pengalaman memberikan anda padangan (view) dalam bekerja, dengan adanya pengalaman terutama pada masalah-masalah yang sangat spesifik, membuat anda mudah dalam menyelesaikan pekerjaan.

Pengulangan permasalahan dapat terselesaikan dengan mudah karena anda sudah tau solusinya untuk mengatasi permasalahan tersebut, bekerja tidak hanya berbicara tentang bagaimana kita menyelesaikan, namun juga berbicara tentang efesiensi yang dapat kita lakukan.

Tentu saja, sebagai contoh seorang yang pernah bekerja dalam bidang konstruksi dengan yang belum pernah akan membawa hasil yang berbeda pula, dengan pengalaman kerja para pekerja konstruksi dapat mengatasi permasalahan bahan baku yang digunakan, kekuatan bangunan, dan berbagai macam hal kompleks lainnya yang hanya dapat diselesaikan oleh orang-orang yang berpengalaman.

Menawar Gaji Lebih Tinggi

Pada sesi interview ada waktu untuk kita menawar gaji yang diberikan perusahaan, karena sesungguhnya kita sedang jual-beli jasa untuk mengisi kekosongan posisi pada perusahaan, anda dapat membaca artikel dari kami yang membicarakan tentang hak karyawan sesuai dengan UU No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, tujuannya agar lebih paham tentang bagian interview ini.

Kembali lagi, perusahaan dapat dengan mudah memberikan gaji besar ketika anda dapat memberikan solusi pada permasalahan mereka, dari mana anda dapat memberikan kepastiaan untuk memberikan solusi dari pekerjaan yang akan anda hadapi jika anda tidak memiliki pengalaman kerja?

Tentang gaji, pengalaman kerja dapat menjadi bahan tambahan anda untuk melakukan tawar-menawar dalam bekerja, semakin tinggi kemampuan yang anda miliki, semakin tinggi pula gaji yang akan diterima, kemampuan langka anda yang menjadikan gaji anda tinggi, itu semua dapat anda dapatkan karena anda pernah menyelesaikan masalah pada bidang tersebut.

Dapat Menjadi Bahan Pembicaraan Dalam Interview

wawancara kerja

Salah satu yang sering tidak disadari pada tahap intervew adalah bahan pembicaraan, sering kali para pelamar mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pewawancara, alasannya karena tidak tahu kemana arah interview dibawa.

Seakan otak tidak berjalan untuk mengangkat pembicaraan, sehingga interview dibawa oleh pewawancara, padahal hal penting dalam wawancara adalah melakukan komunikasi dua arah secara stabil, artinya kita seabagai pelamar tidak hanya sebagai penjawab pertanyaan, namun juga sebagai narator dari interview.

Pengalaman bekerja menjadi salah satu daya tarik pelamar agar interviewer tidak merasa anda adalah orang yang tidak kompeten dalam bidang tersebut, dengan terarahkannya pembicaraan anda dapat menjawab pertanyaan dari pewawancara dengan lancar, karena semua sudah ada di otak anda

Kesimpulan

Dalam Dunia kerja, pengalaman tidak dapat dianggap remeh, terutama bagi para lulusan baru (freshgraduate) yang sering kali mengabaikan hal tersebut, dan mengagungkan nilai mereka, ketahuilah bahwa nilai atau IPK (GPA) hanya menjadi sarat formal dalam melamar pekerjaan

Kemampuan untuk menyelesaikan masalah, apalagi dalam bidang ke pakaran sangatlah dibutuhkan sehingga itu dapat mempermudah anda pada sesi interview atau pun bekerja.

Perusahaan membutuhkan orang-orang yang dapat dipercaya untuk menyelesaikan masalah mereka, itu lah inti mengapa perusahaan membuka lowongan pekerjaan, karena mereka ingin tanggung jawab dan suatu kerjaan dapat dibagi dan diselesaikan.

Related Post

Bantu Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *