Pengertian dan Macam-Macam Produksi

Pengertian dan Macam-Macam Produksi Pada Berbagai Bidang

produksi dalam bisnis

Sejatinya dalam berbisnis kita menawarkan produk atau output produksi untuk ditukar dengan alat pembayaran yang sah, Jika di Indonesia alat pembayaran yang sah adalah Rupiah, berbeda dengan negara lain.

Apa Itu Produksi?

Produksi adalah kegiatan akhir dari proses pembuatan produk dengan memanfaatkan input-input yang tersedia. Menurut Nicholson ( 2002: 159) produksi dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Fungsi produksi dapat dilakukan dengan memperoleh input berupada material (Raw Material) berupa bahan baku, pekerja (Labour), dan modal (Capitol).

Dalam beberapa kasus seperti kegiatan bisnis yang dilakukan oleh bisnis jasa, Material atau bahan baku sering tidak dihitung, karena sangat minim, atau bahkan memang tidak ada.

Macam-macam Produksi

Produksi bidang Industri

Produksi dapat dikategorikan berdasarkan bisnis yang dijalani, pada saat ini bisnis berjalan dengan menjual jasa atau barang.

Pada kategori bisnis , ada berbagai jenis sesuai bidang yang dijalani, ada pun jenis dari produksi-produksi yang ada pada saat ini adalah:

Bidang Agraris

Produksi bidang agraris dilakukan dengan cara menanam dan menunggu produksi hingga masa panen, pengelolaan sumber daya alam dengan memanfaatkan lahan menjadi kegiatan utama dalam bidang agraris contohnya adalah pertanian, perkebunan, dan peternakan.

Bidang Industri

Produksi pada bidang industri adalah dengan mengelola bahan mentah menjadi barang jadi dan dibuat secara masal menggunakan sumber daya manusia dan mesin, contoh produksi bidang industri adalah pabrik semen, dan berbagai pabrik lainnya.

Bidang Transportasi

Produksi bidang transportasi biasanya menyediakan jasa untuk memindahkan barang atau manusia ke tempat yang diinginkan oleh para pembeli, bidang transportasi dapat masuk pada kategori produksi usaha jasa karena tidak membutuhkan bahan mentah, contohnya taxi, ojek online, dan angkot

Bidang Niaga

Produksi bidang niaga adalah pada kegiatan penjualan, tidak melakukan pengolahan bahan baku lalu menjadi out put berupa produk, namun bidang niaga melakukan produksinya dengan menjual barang-barang yang sudah jadi, contohnya adalah minimarket, pasar, dan warung kelontong.

Bidang Esktraktif

Produksi pada bidang ekstraktif adalah dengan mengambil bahan mentah dari sumber daya alam tanpa diolah terlebih dahulu sebelum dijual, seperti penambangan emas, minyak, dan nelayan.

Bidang Pelayanan

Bidang Usaha Pelayanan adalah bidang usaha yang melakukan kegiatan produksi dengan memberikan pelayanan kepada pembelinya, sebagai contoh adalah rumah sakit, hotel, dan panti pijat.

Related Post

Bantu Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *