Jenis-Jenis Media Sosial

Macam-Macam Media Sosial

jenis media sosial

Perkembangan teknologi pada saat ini mampu membuat jarak menjadi tidak begitu berarti, terbukti dengan adanya media sosial, komunikasi antara personal sangat mudah diakses, kemudahan akses pula yang menjadikan media sosial sebagai perantara komunikasi yang dapat menggantikan komunikasi langsung, hal ini terbukti dengan seringnya orang-orang meninggalkan obrolan demi membalas chatting dengan orang lain yang berada jauh dari orang tersebut.

Sebetulnya apa yang dimaksud dengan media sosial dan apa saja yang termasuk dari media sosial, mari kita lanjut untuk membaca lebih lengkap pada tautan media sosial yang satu ini “peran media sosial dalam komunkasi bisnis”, kami akan meringkas untuk anda yang mungkin tidak ingin membuka tautan tersebut.

Pengertian Media Sosial Menurut Ahli dan Bahasa

Media sosial Menurut afriani (2011: 24) adalah sebuah media online dimana para penggunanya dapat berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Namun secara bahasa Media Sosial adalah alat atau perantara untuk orang berkomunikasi atau berinteraksi dengan lingkungan sosial (teman, orang tua, kerabat, dan orang-orang asing). Sehingga menurut pengertian di atas media sosial tidak hanya berkutat ke hanya pada facebook, twitter, dan instagram.

Jenis-Jenis Media Sosial

Jejaring Sosial

Jejaring sosial adalah sebuah media interaksi yang menggunakan website atau aplikasi untuk menemukan orang yang mirip dengan kesukaan kita dan berkomunikasi secara personal dengan orang lain.

Contoh jenis jejaring sosial adalah: facebook, google plus, atau Linken.

Microblogging

Microblogging adalah media komunikasi untuk menyampaikan ide secara bebas dengan batasan karakter tulisan, maka dari itu disebut dengan micro karena adanya batasan dalam menuliskan ide dan maksud komunikasi dalam satu postingan.

Contoh jenis microblogging adalah: twitter dan tumblr.

Blog

Blog adalah sebuah tempat atau media penyampaian ide dengan menggunakan hosting, sebagai tempat penyimpanan yang lebih private dan diatur sendiri, kemudahan dan kebebasan dalam menyampaikan ide menjadi ciri khas dari blogging.

Contoh jenis blog adalah: blogger, wordpress, atau wix.

Video Sharing

Video sharing adalah media penyampai komunikasi melalui pengunggahan video, memungkinkan interaksi dengan pengguna lain dari internet, dan dapat dibagikan secara masal kepada seluruh pengguna pada platform tersebut.

Contoh jenis video sharing adalah: youtube, snapchat, vimeo, atau daylimotion.

Photo sharing

Adalah media sosial yang dikhususkan untuk para penggunanya menunggah photo untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya, menyampaikan ide dan maksud komunikasi diperantarai dengan pengunggahan photo.

Contoh jenis photo sharing adalah: flicker, instagram, pinterst, dan snapchat.

Crowdsourcing

Crowdsourcing adalah media interaksi untuk mendapatkan layanan, ide, atau konten dari kontribusi pengguna-pengguna aplikasi atau web, interaksi yang ada bertujuan membantu para pengguna lain agar mereka dapat jawaban dan kebutuhan yang mereka inginkan.

Contoh jenis crowdsourcing adalah: 99design, ushahidi, atau crowdesign.

Semoga artikel kali ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk melihat artikel bermanfaat lainnya pada website kami.

Cobisnis.com

Related Post

Bantu Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *