Arti Passion, Alasan Utama Mereka Sukses (Real Story)

Arti Passion

Arti Passion

Kebanyakan dari kita sering mendengar kata passion, namun tidak tau apa yang dimaksud dengan passion, padahal arti passion itu sangat dalam untuk kehidupan, diterapkan dalam berbagai kondisi.

Passion adalah gairah, namun dalam berbagai kondisi passion diartikan sebagai gairah atau kebutuhan kita melakukan suatu hal tanpa ada paksaan dan tanpa pamrih (Mencintai), bisa juga passion dalam bekerja disamakan dengan totalitas tanpa batas.

Mengapa anda tidak sesukses mereka? Atau teman-teman anda?

Alasannya anda belum menemukan passion, lagi pula parameter kesuksesan berbagai orang berbeda-beda, namun kebanyakan orang mengukur parameter kesuksesan orang diukur melalui materi.

Iya memang materi itu sangat penting, namun anda sebenarnya ketika berfikir demikian, maka sulit untuk menemukan passion anda, sebagai contoh pendiri Facebook Mark Zuckerberg, memulai kesuksesannya dengan menyalurkan kecintaan di kepada pemograman, bisa anda ambil refrensi tersebut dengan menonton film Social Network”.

Passion Dalam Bekerja

Stress Bekerja

Banyak dari pekerja atau karyawan mengeluhkan pekerjaan mereka yang sangat membosankan, merasa lelah berlebih dalam bekerja, hingga malas untuk bekerja, namun ada juga karyawan yang tidak merasakan bosan dan sangat senang dalam bekerja.

Kenapa bisa yang sangat senang dan tidak merasa bosan dengan pekerjaannya walaupun kerjanya sangat berat? Karena mereka mencintai dan totalitas dalam bekerja, ini lah yang dinamakan kalo orang udah passion ama pekerjaan tersebut.

Cerita pengalaman pribadi penulis, saya pernah bekerja dalam sebuah organisasi nirlaba, yang artinya tidak ada laba yang diambil dari aktivitas-aktivitas organisasi tersebut.

Saya menjalaninya dengan tidak ada niatan untuk “mencari uang” atau keuntungan, dari situ saya membenarkan pernyataan “cintailah pekerjaanmu, maka uang akan mengikuti”, walaupun saya bekerja dalam organisasi yang tidak mencari laba, namun uang tidak berhenti untuk mengikuti aktivitas organisasi tersebut.

Bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki, membuat berbagai hal dalam pekerjaan lebih ringan dan mudah, tanggung jawab yang diberikan tidak terasa berat.

Walau pada beberapa titik, kita akan mengalami rasa lelah dan suntuk, namun hal itu mudah kok untuk diatasi, cara mengatasinya adalah dengan:

Refreshing

Ini kegiatan yang wajib untuk dilakukan ketika kita sudah merasa lelah dengan pekerjaan, dalam perusahaan biasanya diberikan waktu untuk mengambil cuti, gunakan cuti untuk melakukan kegiatan yang dapat mengurangi beban pikiran.

Setiap orang memiliki caranya yang berbeda untuk refreshing, ada yang hanya berjalan-jalan (travelling) sudah dapat menghilangkan penat, ada juga yang melakukan refreshing dengan memberikan sedekah ke panti-panti, inti dalam melakukan refreshing adalah membuat otak dan hati segar kembali.

Mendengarkan Musik

Untuk mengatasi suntuk dan lelahnya bekerja, dalam jangka pendek bisa dengan mendengarkan musik, beberapa penelitian sudah membuktikan musik yang dapat mengurangi stress, di antaranya:

Musik dapat mengurangi stress dan rasa cemas pada pasien di rumah sakit yang akan dan sudah melakukan operasi. Itu lah mengapa pada film Doctor Strange ketika ingin melakukan operasi ada adegan sang Doctor Strange menebak lagu klasik.

Musik dapat menghilangkan depresi dan meningkatkan self-esteem pada orang tua. Self-esteem sendiri dalam dunia psikologi diartikan sebagai penilaian ideal pada diri sendiri.

Mengingat Orang Lain

Pengalaman pribadi, dengan kita mengingat orang-orang yang kita anggap penting dan membutuhkan apa yang kita kerjakan sekarang, dapat membantu untuk mengurangi beban.

Itu lah mengapa para ayah tidak pernah capek untuk bekerja seberat apa pun, karena dia ingat akan orang-orang yang ada di rumahnya seperti anak dan istri, namun para pekerja muda yang belum memiliki rumah tangga, mungkin dapat mengingat orang tua, pacar, atau orang lain yang anda bantu ketika anda bekerja dengan baik.

Mengingat senyuman yang tercipta dari bibir tipis mereka yang tersudut hingga membuat pipi mengembang, adalah salah satu hal terbaik untuk membuat kita bahagia dan senang, sehingga kita akan semangat kembali.

Passion Dalam Hidup

Kembali kepada passion, kita menerapkan passion tidak hanya pada pekerjaan, tapi dalam kehidupan kita sehari-hari, saya pikir mengapa banyak orang yang melakukan bunuh diri, salah satu penyebabnya yaitu depresi dan tidak punya gairah hidup.

Saya pernah waktu masa SMA mengalami depresi karena saya pikir, saya adalah orang yang tidak berguna, penilaian ini datang karena saya tidak melakukan apa-apa namun orang lain dapat sukses dan melebihi diri saya.

Gairah Hidup, atau passion terhadap kehidupan tidak ada, bisa dibilang hidup tanpa tujuan, keseharian hanya pergi ke warnet dan menghabiskan waktu tanpa melakukan apa-apa “do nothing!”, namun akhirnya saya menemukan sebuah pandangan dan pemikiran yang menyadarkan dan dapat mengembalikan passion saya, yaitu senyuman di wajah orang-orang yang saya tolong.

Sedikit mengenang, waktu itu saya sedang makan di sebuah warung makan (warteg), ketika saya sedang makan, saya didatangi oleh seorang bapak-bapak, dia mengemis karena dia belum makan dari situ, saya tawarkan bapak tersebut untuk makan bersama, saya lihat wajah bapak itu yang semula murung langsung senang, entah kenapa ada rasa bahagia dan senang di dalam hati saya, semenjak itu saya berfikir mengapa saya ingin bunuh diri, sedangkan bapak itu yang tidak punya apa-apa memiliki keinginan untuk hidup?

Senyuman Indah

Melihat warren buffet, Mark Zuckerberg, dan Bill Gates yang sukses pada saat ini, sama dengan melihat orang yang memiliki passion (gairah) pada banyak hal, seperti pekerjaan, kehidupan, dan bersosial mereka.

Maka dari itu, perbedaan kita yang masih belum mengerti “mengapa saat ini kita belum merangkak maju?” dengan orang-orang sukses di atas adalah karena kita belum memiliki passion, dan melakukan sesuatu berdasarkan paksaan atau pamrih, walaupun motif ekonomi memang sangat penting, namun bekerja dan hidup berdasarkan kecintaan membuat lebih bahagia.

Saat ini, saya sedang membangun kesuksesan menurut versi saya, walaupun butuh waktu lama, namun saya menyakini bahwa kesuksesan tidak ada yang instan, karena kesuksesan bukan sulap, yang sekali “abrakadabra” bisa terwujud.

cobisnis.com

Related Post

Bantu Bagikan Artikel

One reply to Arti Passion, Alasan Utama Mereka Sukses (Real Story)

  1. You pօssibly can play it anytime you want.? Daddy answered.

    ?As a result of talkking about how nice God is makes him coomfortable and its worship.

    Рlɑy it before yyou fall asⅼeep tonight and once you get up ᴡithіn the
    morning and God shall be close to you all day long.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *