10+ Manfaat Pemasaran Atau Marketing

Manfaat Pemasaran atau Marketing

gambar dagangan buah-buahan

Pada ilmu bisnis, pemasaran menjadi salah satu konsep yang melengkapi kegiatan utama, yaitu melakukan kegiatan ekonomi, saling tukar-menukar dengan maksud memperoleh keuntungan. Mementingkan penjualan tanpa ada konsep memuaskan konsumen atau pembeli membuat pandangan terhadap bisnis semakin buruk, pemasaran mencegah agar pandangan pada suatu bisnis dipandang dengan buruk.

Artikel kali ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu “Apa Perbedaan Marketing dan Sales? Pelajari Lebih Dalam” yang membahas konsep dan fungsi dari marketing, dari pendapat beberapa ahli yang telah disampaikan pada artikel sebelumnya, setidaknya ada filosifi penting yang dapat diambil dan dijadikan rujukan dalam marketing yaitu: saling memuaskan, antara konsumen dan produsen.

Konsep pemasaran yang mengedepankan kepuasan konsumen (jika dipandang dari kaca mata bisnis) ini lah yang seharusnya menjadi acuan setiap organisasi bisnis.

Secara praktik pada masa kini, marketing atau pemasaran menyentuh konsumennya melalui beberapa kanal (channel) komunikasi, tidak hanya dengan tatap muka, seperti direct selling dan promosi menyebarkan brosur di jalan-jalan, namun juga sampai pada ranah internet dan media sosial, dapat anda baca pada artikel sebelumnya “Peran dan Manfaat Media Sosial Dalam Komunikasi Bisnis” yang merujuk kepada penelitian dari Afriani.

Lanjut kepada pertanyaan inti penting pada artikel kali ini “Apa manfaat pemasaran atau marketing?” dan “apakah pemasaran atau marketing hanya menguntungkan perusahaan?”. Untuk menjawab kedua pertanyaan di atas, kami akan menjawab secara bertahap dengan menjawab pertanyaan kedua terlebih dahulu.

Siapa Yang Mendapatkan Manfaat dari Marketing?

masyarakat photography

Secara langsung biasanya kita akan mengira bahwa pemasaran hanya menguntungkan bagi pihak perusahaan, sebetulnya tidak hanya perusahaan yang mendapatkan manfaat dari menjalankan konsep marketing pada bisnisnya.

Manfaat dari marketing atau pemasaran dapat dirasakan oleh:

Bisnis (perusahaan)

Masyarakat (Konsumen)

Ekonomi Makro (Pemerintahan)

Sebetulnya setidaknya ada 3 pihak yang mendapatkan keuntungan dari marketing itu sendiri.

Berlanjut kepada pertanyaan kita yang belum terjawab, yaitu “Apa manfaat pemasaran atau marketing?”. Masing-masing pihak mendapatkan manfaat yang berbeda-beda dari pemasaran, mari kita membahasnya lebih dalam.

Manfaat Pemasaran

Manfaat Pemasaran Untuk Bisnis (Perusahaan)

perusahaan

Meningkatkan Penjualan

Seperti yang telah dituliskan di atas, penjualan menjadi kegiatan utama dalam bisnis, dengan adanya pemasaran, perusahaan dapat meningkatkan penjualan mereka, kami sendiri memuat tulisan cara menggunakan konsep marketing dalam era digital pada saat ini “7 Strategi Marketing Online Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda”, dengan adanya marketing anda dapat meningkatkan penjualan bisnis anda.

Dengan adanya konsep pemasaran pada perusahaan, perusahaan dapat dengan mudah menemukan pembeli dan menargetkannya, itu lah sebabnya marketing atau pemasaran dapat meningkatkan penjualan.

Membantu Memperluas Pandangan Terhadap Pasar

Dalam manajemen marketing, ada proses evaluasi dan perencanaan, dengan mengevaluasi dan menganalisis pasar yang menjadi incaran perusahaan, marketing membantu merencanakan pasar itu sendiri, dengan adanya kegiatan tersebut, pandangan perusahaan terhadap pasar tidak hanya terpaku kepada pasar-pasar yang telah dijalani.

Dalam menemukan pandangan (insight) marketer atau pemasaran, mengolah data-data konsumen menjadi hal baru yang lebih luas, beberapa perusahaan mengaplikasikan hasil itu untuk merambah ke pasar-pasar baru (ekspansi).

Mengurangi Resiko Kerugian

Perusahaan juga dapat mengurangi resiko kerugian dari pengaplikasian marketing, dengan adanya marketing, perusahaan dibantu melihat kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam pasar, kegiatan bisnis, dan perilaku konsumen.

Dengan adanya marketing atau pemasaran, juga membantu untuk merencanakan strategi-strategi untuk dapat menanggulangi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti sepinya pembeli pada suatu produk atau beberapa produk yang mengakibatkan kerugian.

Mencegah Kekalahan Dalam Persaingan

Dalam bisnis, persaingan tidak dapat dihindari, setiap organisasi bisnis memiliki strateginya masing-masing untuk memimpin pasar, dan menarik sebanyak-banyaknya konsumen untuk membeli produk mereka.

Dengan adanya pengelolaan marketing yang baik, dengan mempertimbangkan data-data perilaku konsumen dan perkembangan pasar, perusahaan dapat menemukan strategi yang tepat untuk mencegah kekalahan dalam persaingan bisnis.

Persaingan yang ketat memunculkan aktivitas marketing dan strategi yang kompetitif, sehingga inovasi dalam melayani konsumen dari berbagai aspek menjadi perhitungan serius agar perusahaan tidak kalah dalam persaingan bisnis.

Memuaskan Konsumen

Filosifi yang penting untuk diterapkan pada berbagai bisnis adalah menjunjung tinggi dalam melayani konsumen, konsep pemasaran yang memandang kebutuhan konsumen sebagai hal penting yang harus menjadi pertimbangan membuat kepuasan konsumen terhadap produk dan bisnis lebih meningkat.

Permasalahan yang sering dihadapi para konsumen, seperti tidak puasnya terhadap produk entah itu berupa barang atau jasa bisa teratasi dengan baik, dengan adanya perhatian khusus terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen, pemasaran secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan, terutama pada para konsumen yang melakukan repeat buying.

Dengan adanya pembelian kembali, artinya pemasaran sukses memuaskan mereka, karena mereka menilai produk yang ditawarkan dan dibeli memenuhi ekspektasi mereka.

Membangun Trend Pasar

Selain membantu memperluas insight pasar, pemasaran juga dapat menggiring konsumen dan konsumen potensial untuk menjadikan produk sebagai primadona mereka dalam pembelian, seperti yang disampaikan sebelumnya tentang persaingan pasar yang ketat pada masa kini, membangun trend menjadi sebuah keinginan perusahaan dalam merajai sektor bisnisnya.

Trend pasar yang begitu cepat untuk berganti, membuat segala macam kemungkinan juga cepat terjadi, sebagai contoh pada saat ini google dapat merajai pasar search engine pada internet, karena mereka selalu memperbaiki layanan mereka dan meningkatkan pemasaran dengan membangun trend pasar yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pada, kasus lain seperti Yahoo yang pada awal tahun 2000 merajai pasar search engine tidak mengembangkan dan melihat insight pasar lebih luas, sehingga inovasi yang dihasilkan tidak dapat membangun trend pasar dengan baik.

Manfaat Pemasaran Untuk Masyarakat (Konsumen)

model untuk jualan

Membantu Untuk Memilih Produk Yang Tepat

Pemasaran membantu konsumen menemukan produk yang tepat bagi mereka, dengan adanya promosi, konsumen dengan mudah mendapatkan informasi dan mencocokan kebutuhan mereka dengan berbagai macam produk yang ditawarkan.

Produk yang tepat, dapat diperoleh dengan adanya pengetahuan tentang produk, tidak semua produk dapat memberikan jawaban yang tepat sesuai kebutuhan, marketing membantu tidak hanya dalam urusan diskon-mendiskon saja, namun pada esensinya, menawarkan produk yang mereka butuhkan untuk dapat memuaskan mereka.

Mendapatkan Keuntungan Dari Murahnya Produk

Pada bauran pemasaran, hal yang menjadi fokus adalah harga, melihat dari kebanyakan konsumen yang membeli suatu produk dengan pertimbangan harga, membuat para marketer atau pemasar untuk menentukan harga yang kompetitif.

Dengan adanya produk yang murah dengan kualitas baik, membuat konsumen untung pada segi biaya.

Mendapatkan Produk Secara Mudah

Di samping mendapatkan produk yang murah, para konsumen juga bisa mendapatkan manfaat dengan mudahnya mendapatkan produk sesuai dengan kebutuhan.

Dalam dunia marketing, pendistribusian juga menjadi faktor pertimbangan mereka untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya, walaupun pada tataran strategi ditentukan oleh departemen distribusi, namun  marketing atau pemasaran memberikan konsep pemuasan konsumen sebagai filosifi, sehingga perusahaan memikirkan bagaimana penjualan yang terjadi dapat dengan mudah sampai di tangan para konsumen.

Mendapatkan Informasi Produk Secara Lengkap

Dengan adanya marketing, mendeskripsikan produk secara lengkap menjadi suatu aktivitas yang perlu dilakukan, alasannya adalah agar konsumen mengenal produk mereka secara dalam dan dapat menjadi faktor pendorong pembelian.

Di samping itu, dengan adanya informasi lengkap, konsumen dengan mudah memilah-memilih produk apa yang akan mereka beli. Pada masa kini, informasi sangat mudah didapatkan, sehingga salah satu pilihan untuk menyampaikan informasi adalah dengan menggunakan content marketing yang didalamnya memuat berbagai informasi, untuk membantu kosumen dalam pembelian, jika konten pemasaran berhasil mempengaruhi mereka dalam pembelian, maka penjualan meningkat karena informasi yang lengkap.

Manfaat Pemasaran Untuk Ekonomi Makro (Pemerintahan)

bangunan pemerintahan yang klasik

Membantu Menciptakan Persaingan Harga Kompetitif

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam marketing pada perusahaan adalah harga, penentuan harga suatu produk yang tepat dapat mendorong pembelian, sebaliknya jika tidak tepat, maka kerugian meningkat dan volume penjualan menurun.

Harga yang kompetitif dapat membuat para bisnis lainnya mengikuti, kami sebelumnya telah menuliskan sebuah artikel “Cara Menentukan Harga Suatu Produk” yang didalamnya membahas bagaimana bisnis memangkan persaingan dalam strategi penentuan harga.

Bagi pemerintah dan perkembangan ekonomi makro sangatlah membantu mereka dalam menstabilkan harga, namun jika harga dinaikan, maka imbasnya juga dapat dirasakan pemerintah.

Membantu Pemerintah Untuk Mengundang Investor

Marketing membangun bisnis lebih baik, dengan adanya perkembangan bisnis yang baik, itu secara tidak langsung juga mempromosikan bisnis untuk mendapatkan modal tambahan untuk bisnis mereka.

Secara tidak langsung marketing mengundang para investor untuk menginvestasikan modal atau dana mereka pada bisnis tersebut, dengan adanya pengelolaan dana dengan baik dan pemasaran yang baik pula, maka akan semakin banyak investor yang masuk.

Dalam pandangan luas, perekonomian suatu negara dapat meningkat, karena adanya pertumbuhan dan dana asing yang masuk, hal itu membantu pemerintah dalam perkembangan dan pertumbuhan ekonomi

Membantu Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Untuk dapat menjalankan fungsi marketing pada perusahaan, dibutuhkan orang untuk mengisi posisi tersebut.

Semakin ketatnya persaingan bisnis, semakin banyak pihak juga yang terlibat, sehingga banyak pekerjaan juga yang harus diisi, seperti posisi pihak ketiga yang memiliki data pasar, dimana pihak ketiga tersebut mempekerjakan para surveyor di lapangan.

Dari sisi itulah pemerintah dan perekonomian nasional dibantu dalam membuka lapangan pekerjaan.

Membantu Membangun Standar

Tidak diragukan lagi pihak swasta memang memiliki kelebihan dalam memberikan pelayanan yang baik, hal itu dilandasi dengan filosifi konsep marketing yang mengedepankan kepuasan pelanggan.

Namun, pemerintah juga dibantu untuk melihat bagaimana pelayanan yang baik untuk masyarakat, sehingga dalam menentukan produk mereka, entah itu produk hukum sebagai landasan para perusahaan menjalankan bisnisnya atau produk layanan pemerintah untuk masyarakat menjadi memiliki standar yang tinggi.

Kesimpulan

Pemasaran adalah konsep dan aktivitas yang bagus untuk perusahaan dan bisnis, filosofi pemasaran yang mengedepankan konsumen menjadikan pemasaran tidak hanya memberikan manfaat pada perusahaan namun juga pada pihak-pihak yang lain.

Yang mendapatkan manfaat pemasaran adalah:

  1. Perusahaan
  2. Konsumen
  3. Pemerintah

Ada pun manfaat yang diberikan oleh pemasaran adalah

Manfaat Pemasaran Untuk perusahaan adalah

Manfaat Pemasaran Untuk Bisnis

  1. Membantu memperluas pandangan terhadap pasar
  2. Mengurangi resiko kerugian
  3. Mencegah kekalahan dalam persaingan pasar
  4. Memuaskan konsumen
  5. Membangun trend pasar

Manfaat pemasaran untuk konsumen

  1. Membantu memilih produk yang tepat
  2. Mendapat keuntugan dari murahnya harga produk
  3. Mendapatkan produk secara mudah
  4. Mendapatkan informasi secara lengkap

Menfaat pemasaran untuk pemerintahan

  1. Membantu menciptakan persaingan harga yang kompetitif
  2. Membantu mengundang investor
  3. Membantu menciptakan lapangan pekerjaan
  4. Membantu menentukan standar

Demikian lah artikel kami kali ini tentang manfaat pemasaran atau marketing, semoga dapat memberikan wawasan untuk para pembaca dan membantu menjawab permasalahan anda, terima kasih telah mengunjungi kami.

Related Post

Bantu Bagikan Artikel
  • 5
    Shares
  • 5
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *