Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online

Kenapa Saya Terus Gagal Dalam Bisnis Online

bisnis anti gagal
Bisnis online memang menggiurkan, banyak testimoni dari orang-orang yang telah merasakan manisnya gajian dari dunia perbisnisan online yang membuat tergiur, salah satu yang sering menjadi penggoda para pemula ialah bisnis menghasilkan dari blogging, hal itu juga sama menggoda saya pada awal mula, yang akhirnya membangunkan ketertarikan saya pada dunia blogging.
Berawal dari blog, akhirnya saya ketagihan walaupun pada waktu itu dari bisnis online saya tidak menghasilkan apa-apa, tapi tetap saja ditekuni walaupun pada akhirnya gagal dikarenakan saya membuat blog yang gado-gado tanpa melihat potensi dari keyword yang dituju.
Saya bisa katakan gagal dalam bisnis online adalah hal yang wajar, tapi setiap bisnis punya ciri khas yang sama yaitu “tekun” atau “istiqomah”.
Bisnis online tidak terhitung, kalau kita orang yang sangat cerdik mungkin kita bisa dengan mudah mendapatkan gaji dari sana.
Berikut beberapa bisnis online yang menjadi favorit di masyarakat.

Blogging.

logo blog
Ini adalah salah satu yang dulu menjadi booming dikarenakan banyak testimoni yang lalu lalang diberbagai forum atau media sosial, selain menjadikan hobby menjadi penghasilan, blogging juga menjadi penyalur hobby yang dapat menghasilkan uang.
Jika pernah mendengar nama eka lesmana mungkin anda akan terinspirasi pendapatan yang dihasilkan dia dari dunia internet.
Blogging dilihat cukup simple dan mudah namun lebih dari itu blogger-blogger profesional membutuh banyak keahlian untuk dapat menjadikan blognya sebagai primadona di mata google dan pembaca.
Jika melihat pada bisnis online lainnya seperti dropship, affiliate, atau pun jualan di market place, blogging punya hal yang unik, terutama pada bagaimana mencapai popularitas yang organik, karena bisa jadi blog anda kalah populernya dengan blog kemarin sore.

Dropship.

dropship adalah
Setelah menjamurnya market place-market place besutan anak negri bisnis dropship menjadi hal yang lumrah, padahal di waktu tahun 2000-an bisnis ini dimainkan oleh beberapa orang saja, karena market place yang stabil baru ada luar negri seperti amazon atau ebay.
Para pemain pula biasanya yang sudah ahli dan mahir berbahasa inggris, walaupun google translate sudah ada sejak tahun 2000-an pula.
Dropship menggiurkan karena untung yang didapat dapat terlihat dari selisih harga yang dipatok oleh penjual pertama dengan anda, walaupun mungkin ada beberapa catatan untuk beberapa biaya lainnya.

Admin OA.

bisnis jadi admin official account
Baru-baru ini banyak juga yang mencoba peruntungan dengan menjadi admin OA, tidak sedikit yang sukses, dapat dilihat dari Official akun yang bertebaran dengan followers yang banyak pula.
Pendapatan mereka didapat dari iklan-iklan yang dipost pada official akun mereka, dari pengalaman teman-teman yang sudah menekuni bisnis ini pendapatan dari iklan dengan followers hanya 30.000 bisa mencapai 1jutaan dalam sebulan, bagaimana jika itu setahun?

Youtuber.

logo youtube baru
Youtube adalah salah satu produk google yang sukses menyihir generasi millenial saat ini, banyak juga yang berlomba-lomba menjadi youtuber dikarena alasan yang sama dengan bisnis-bisnis online yang lain yaitu menghasilkan uang.
Namun, berbeda dengan youtuber, di samping dapat menghasilkan uang tapi juga mendapatkan popularitas untuk pribadi.
Masih banyak lagi bisnis dari internet yang tidak bisa dibahas satu-persatu, mari kembali kepada topik utama kita yaitu alasan mengapa kita dapat gagal di dalam persaingan bisnis online.

Penyebab anda gagal

Orientasi.

Mengorientasikan bisnis online sepenuhnya kepada uang itu hal yang boleh-boleh saja, tetapi orientasi padahal tersebut bisa menyebabkan anda mudah hilang semangat, karena sebetulnya anda termotivasi karena “ingin mendapatkan uang dengan cepat”.
Jika anda ingin mendapatkan uang dengan cepat, anda dapat mencari pekerjaan di dunia nyata, karena dalam dunia online kemungkinan-kemungkinan sangat lah tidak dapat diprediksi perlu skill yang mumpuni untuk menembus keuntungan dari sana.

Tidak fokus.

Sebab ini lah yang menjadikan bisnis di dunia online dan offline itu sama, yaitu perlu fokus, banyak yang memposisikan bisnis di dunia online sebagai sampingan, namun saya katakan itu hanya lah kata-kata mereka yang sudah sukses, karena setidaknya dia menyediakan waktu yang konsisten untuk terus mengelolanya.
Ada mahasiswa yang meluangkan waktu malamnya untuk menulis untuk blognya, ada juga para karyawan di suatu perusahaan yang meluangkan waktu malamnya untuk mencari produk-pruduk yang tepat untuk didropshipkan.
Jadi jangan berfikir instan dalam menjalankan bisnis online, itu semua butuh proses yang harus ditempuh.

Mentor.

Layaknya pilot anda butuh Co-pilot yang mengingatkan anda agar rambu-rambu bisnis anda tidak dilanggar, kesalahan pada semangat yang menggebu-gebu tanpa batas membuat buta akan hal-hal yang menjerumuskan pada kegagalan, saya ambil contoh diri saya sendiri yang dulu semangat membuat blog dengan blog gado-gado hingga bingung dan berakhir tidak menghasilkan apa pun, itu karena saya tidak punya orang mengingatkan hal-hal yang benar untuk dilakukan.
Sama seperti bisnis di dunia nyata, tidak bisa asal gebuk untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Bisa-bisa uang anda habis karena untuk membayar iklan-iklan di medsos atau menggunakan jasa-jasa backlink untuk para blogger.
Cari lah orang yang sudah berpengalaman, karena mereka lah yang tahu rahasia dan seluk beluk keberhasilan di bidang itu.

Cari lah strategi yang benar.

Setiap bisnis punya strateginya sendiri-sendiri, ini yang penting untuk disusun dan disadari oleh para pembisnis online, disamping orientasi, fokus, dan mentor.
Pada suatu kondisi suatu strategi dapat digunakan, namun disatu kondisi lainnya tidak bisa, seperti dalam dunia internet yang dipenuh oleh keyword-keyword dan sistem kode, maka strategi dibuat untuk menembus, mengakali, atau mencocokan agar bisnis anda tumbuh dan berkembang.
Jika anda mencari dan bertanya-tanya strategi yang cocok coba anda lihat artikel-artikel sebelumnya agar anda dapat memahami strategi apa saja yang cocok untuk bisnis anda.

Terkhusus untuk yang youtuber dan blogger.

Geluti sesuatu yang anda ahli di sana, semisal anda adalah seorang mahasiswa ekonomi, gunakan ilmu anda disana, tulis artikel-artikel tentang bisnis atau video-video tentang bisnis, itu lebih mudah.
pengguna internet di seluruh dunia
Di dunia ini ada 3,6 milyar pengguna internet, 123 juta pengguna internet dari indonesia, dan saya ingatkan kembali di dunia internet ini banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi, anda masih memiliki kesempatan untuk sukses dalam dunia internet.

Leave a Reply