Mengenal Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Bisnis Anda di Mata Konsumen

Meningkatkan Bisnis Anda dengan Komunikasi Pemasaran

pemasaran yang baik dengan media online
Jika anda sudah memiliki bisnis maka anda harus mengetahui apa itu komunikasi pemasaran, ilmu ini sangat penting untuk di pelajari untuk mempertahankan bisnis di tengah ganasnya persaingan.
Pada tingkat tengah, bisnis harus lebih banyak bertahan dan menambah konsumen-konsumen baru untuk memenangkan pasar, karena banyak bisnis yang bangkrut karena mereka tidak mendapatkan konsumen baru dan sedangkan konsumen lama menghilang.
Sebelumnya apakah anda pernah mendengar atau mempelajari tentang komunikasi pemasaran?
Jika belum mari mengenal terlebih dahulu agar lebih baik lagi mengaplikasikan ilmu ini.

Definisi Komunikasi Pemasaran

Menurut wikipedia adalah sarana dimana perusahaan berusaha untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung atau pun tidak langsung tentang produk dan brand yang dijual. Merupakan sarana untuk membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen.
Alasan mengapa komunikasi pemasaran penting adalah :
Memperkenalkan dan mensosialisasikan produk serta merek kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa produk itu digunakan dengan tujuan menanamkan merek dan menciptakan citra merek di benak para konsumen.
Kita ingin sekali kan produk kita menjadi terkenal dan menjadi idola? itu lah yang menjadi alasan pentingnya kita mengaplikasikan ilmu komunkasi pemasaran, produk yang bagus punya interaksi yang bagus pula dengan para konsumennya, tapi tau gak bagaimana kita dapat menyentuh konsumen agar mereka mau memperhatikan produk kita?
Pada dasarnya orang akan memperhatikan karena suatu hal itu menarik dengan sebuah perbedaan (unik) dan kesamaan (berbasis kebutuhan).
Iya gak, kita akan memperhatikan sesuatu yang berbeda ? dan akan dekat dengan sesuatu yang memiliki persamaan dengan kita.
Dalam komunikasi pemasaran itu lah yang dibangun dan diberikan kepada konsumen anda, nah masuk kepada poin selanjutnya yaitu peran dari komunikasi dalam menarik konsumen.

Apa Peran Penting Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran memiliki setidaknya 4 peran penting yaitu:

Menciptakan Kebutuhan.

Apakah kebutuhan konsumen bisa diciptakan? jawabannya adalah bisa, alasannya adalah konsumen itu memiliki kebutuhan yang abu-abu atau samar, tapi itu merupakan kebutuhan dan sulit untuk dibeli karena tidak ada produk yang dijual. Nih sebagai contohnya adalah : dulu tidak ada pasta gini sensitif untuk gigi yang ngilu karena minuman dingin tetapi sebuah perusahaan pasta gigi membuat produk seperti itu dan akhirnya para penderita gigi sensitif merasa perlu membeli pasta gigi tersebut.
Pengembangan Kebutuhan.
Tidak hanya dapat untuk mensosialkan produk baru peran dari komunikasi pemasaran ini tapi juga memberi tahu para pelanggan anda bagaimana menggunakan produk tersebut hingga kebutuhan yang terkadang mereka belum tau, mungkin biar lebih ngerti lagi pake contoh saja.
Contohnya sebagai berikut: Ada sebuah produk margarine, perusahaan yang membuat produk tersebut membuat acara masak dan mensosialisasikan sebuah perkembangan kebutuhan yang bisa didapat dari margarine tersebut yang awal mulanya hanya digunakan untuk menggoreng burger tapi bisa juga menjadi olesan roti yang ingin dipanggang.

Fokus Kepada Kebutuhan

Secara singkat peran memfokuskan kepada kebutuhan dasar produk anda, Menurut Lamda tentang komunikasi pemasaran itu dapat menemukan sesuatu yang tersembunyi yang sering disebut hidden truth dari apa yang dibutuhkan oleh konsumen, seperti pada peran yang pertama.
Pada saat menemukan sesuatu yang dibutuhkan itu dengan komunikasi pemasaran ini lah anda mengatur prilaku konsumen anda untuk menggunakan produk anda. Anda akan mudah menembak konsumen anda dengan keinginan mereka dan membuat mereka menyukai produk anda.

Memuaskan Kebutuhan Konsumen.

Peran terakhir ini lah yang menjadi harapan yang sangat tinggi dari para pembisnsi seperti anda, yaitu berharap produk yang anda ciptakan dapat memuaskan konsumen dan membuat mereka kembali lagi untuk membeli produk anda.
Kalo dilihat-lihat sangat mudah bukan bagaimana membuat bisnis anda dibanjiri pembeli dengan menggunakan ilmu komunikasi pemasaran, namun sebenarnya tidak sesimple itu loh.
Tidak hanya sekedar membuat produk sesuai kebutuhan lalu beriklan dan menunggu produk anda terjual dengan banyak.
Oke, mari kita lihat bagaimana secara teknis komunikasi dapat dilaksanakan di lapangan dan sukses untuk menarik pasar yang anda inginkan.

Menarik Konsumen dengan Sistem SOSTAC

Banyak orang yang mengerti secara teoritis bagaimana mereka dapat menghasilkan uang dari menjual produk, namun kenyataan di lapangan mereka tidak mampu menerapkan teori-teori yang mereka anggap benar.
Pengalaman menawarkan kesuksesan yang lebih menjanjikan dibandingkan dengan hanya mengerti saja.
Maka dari itu, menerapkan bahasan ini harus juga berdasarkan lapangan dan pengalaman, dan kami mengalami komunikasi pemasaran dan metode mana yang relevan dan memberikan hasil maksimal pada produk kami.
Metode SOSTAC  dari PR Smith ini yang memberikan hasil lebih dari pada metode yang lain, seperti metode yang diberikan Kotler.
Apa itu SOSTAC? SOSTAC adalah singkatan dari situation, objective, strategy, tactic, action, dan control.
Bagaimana menerapkan metode ini kepada bisnis anda?

Situation (situasi)

Menggambarkan dimana produk anda di tengah masyarakat, cara anda mendapatkan hasil objektif tentang posisi produk anda adalah dengan membuat survei dan kuesioner secara sembunyi-sembunyi atau pun terang-terangan.
Hal yang penting untuk anda masukan dalam menggambarkan situasi adalah kondisi perekonomian secara global di negara anda, kompetisi usaha anda, dan masalah apa yang anda hadapi oleh produk anda.
Dari poin ini anda dapat memulai dan mengetahui posisi awal perusahaan anda.
Objective (Tujuan)
Layaknya sebuah perjalanan, anda harus menentukan sebuah tujuan untuk memulai perjalanan, untuk mencapai tujuan besar yaitu mendapatkan penjualan yang tinggi, anda perlu menentukan hasil atau tujuan yang anda inginkan dari komunkasi pemasaran secara spesifik.
Sebagai contoh: pada 1 tahun ke depan anda menargetkan penjualan meningkat sebesar 20% dari penjualan tahun lalu.
Spesifik karena ada ukuran yang harus dicapai yaitu 20% dan jangka waktu untuk memenuhi target yang diberikan.

Strategy (strategi untuk mencapai tujuan tersebut)

Strategi masih bersifat general atau luas, seperti meningkatkan loyalitas pembeli, menjangkau pasar-pasar yang belum dimasuki dan bermacam hal yang diusahakan untuk mencapai tujuan utama melaksanakan komunikasi pemasaran.

Tactic (taktik)

Pada tataran taktik baru anda menentukan secara spesifik lagi, melalui apa anda dapat meningkatkan loyalitas pembeli, menjangkau pasar-pasar yang belum dimasuki dan berbagai macam strategi lainnya.
Apakah menggunakan iklan atau membuat acara dan event untuk menarik aksi para konsumen, pada taktik ini lah yang sangat penting dan kreatifitas seorang pembisnis diperlukan.

Action (aksi)

Selanjutnya untuk menggenapkan apa yang sudah rencanakan, selanjutnya anda dapat melaksanakan apa yang sudah direncanakan sesuai dengan apa yang anda rencanakan sebelumnya.

Control (Pengendalian)

Setiap apa yang kita rencanakan tidak semuanya dapat memberikan hasil yang kita harapkan, terkadang lebih tinggi, terkadang lebih buruk dari apa yang kita bayangkan maka dari itu sebuah sistem pengendalian perlu anda lakukan agar apa yang sudah terlanjur gagal tidak terulangi di kemudian hari.

Related Post

Bantu Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *