9 Langkah Membuka Usaha Sendiri yang Sukses dan Menguntungkan

Panduan Lengkap Sukses Membuka Usaha Apa Pun.

memulai bisnis sendiri
Memiliki usaha yang dapat memberikan pemasukan besar sangat diinginkan oleh kita, beberapa orang lebih memfokuskan diri mereka untuk memulai untuk membuka bisnis.
Tidak ada salahnya jika kita membuka usaha dengan modal seadanya atau pun modal besar, yang terpenting anda tidak masuk ke dalam kesalahan fatal.
Beberapa orang melihat kegagalan sebagai pelajaran berharga bagi mereka, namun jika seseorang sukses memulai usaha mereka tanpa gagal itu akan lebih menyenangkan lagi.
Jika anda ingin membuat usaha dari nol hingga sukses, maka anda tepat untuk menemukan panduan ini, kami menulis artikel ini dari beberapa refrensi dan pengalaman pribadi.
Mari lah kita melangkah untuk memulai bisnis.
1. Kuatkan Niat Anda untuk Membuka Usaha.
niat untuk memulai bisnis
Hal pertama ini urgen untuk anda miliki, tidak hanya sekedar niat, karena jika anda tidak memiliki niat yang kuat untuk memulai usaha di tengah jalan anda akan berhenti.
Sering kali kita mendengar para pengusaha besar itu berkata “jika saja saya pada waktu itu menyerah, mungkin saya tidak pernah duduk di bangku ini” hal ini benar, mereka dapat sukses karena mereka terus mendaki hingga mencapai puncak kesuksesan.
Niat yang baik adalah niat yang jangka panjang dan dapat memberikan motivasi, seperti berniat untuk membuat usaha agar kampung yang ditinggali menjadi sejahtera.
Niat yang buruk akan memberikan hasil yang buruk, seperti kita tidak pernah menganggap pengedar narkoba yang kaya raya itu sebagai orang sukses kan? maka dari itu niatlah dengan baik.
Beberapa orang melupakan niat mereka untuk memulai bisnis, hingga pada suatu saat mereka mengalami waktu sulit dan bertanya “mengapa saya menghabiskan waktu saya untuk hal yang sia-sia, padahal jika dia teruskan dia akan mendapatkan kesuskesan pada usahanya”.
Coba lah untuk bertanya dan mencari tahu niat para pengusaha sukses, apa yang mendasari mereka membuka usaha dan niatnya dulu seperti apa, maka anda akan mendapatkan perbedaan di antara anda dan dia memandang usaha.

2. Menentukan Jenis Usaha Apa.

usaha yang baik
Memilih usaha yang tepat dan bagus untuk anda pada saat memulai bisnis adalah hal yang sangat-sangat penting, ini akan menentukan bagaimana anda menjual produk/jasa anda.
Usaha yang anda pilih baik jika usaha tersebut:
  • Spesifik, contoh membuka usaha penjualan buku-buku islam.
  • Marketable, yaitu usaha yang dapat dipasarkan
  • Dapat dikembangkan.

 

Mengapa anda harus memilih jenis usaha yang anda tekuni nantinya? Sebagai perumpamaan saja aqua, secara sepesifik mereka menjual air minum dalam kemasan, suatu ketika kita ingin membeli minuman di tengah jalan, maka dalam pikiran, kita akan mencari aqua untuk dibeli.
Jenis usaha yang spesifik membantu branding produk anda, alasan lain mengapa kita harus membuat usaha kita spesifik adalah agar dapat memetakan dengan baik pasar yang akan kita target.
Berbicara pasar, jenis usaha yang anda pilih juga harus dapat dijual, akan jadi sia-sia jika produk yang anda jual tidak ada yang membeli kan? maka perlu diperhatikan ketika anda memilih jenis usaha.
Kami mencontohkan jenis usaha yang baik dengan usaha menjual buku-buku islam, spesifik dan brandingnya bisa dibuat dengan baik, selain itu usaha ini memiliki pasar tetap yaitu orang-orang islam yang menyukai membaca, dan yang terakhir usaha ini dapat berkembang tidak hanya pada batas buku-buku yang berat untuk dibaca, bisa dikembangkan dengan menjual buku novel islami dan berbagai buka lainnya.
Kesalahan memilih usaha akan membuat anda membuang banyak uang, waktu dan tenaga anda maka dari situ anda harus memilih jenis usaha yang tepat dan baik.

3. Merancang Masa Depan Bisnis Anda.

mengelola bisnis yang efektif
Oke ini dia langkah penentuan bisnis anda, sakarang kita coba untuk memikirkan sampai mana bisnis kita akan berhasil, temukan itu dalam pikiran kita.
Faktanya anda akan memikirkan seberapa besar penjualan dan kayanya anda, itu hal yang lumrah akan anda pikirkan, namun mari kembali kami ingin menanyakan kepada anda bagaimana anda dapat mencapai itu semua?
Kami yakin ini bukan menjadi pertanyaan mudah yang dapat anda jawab begitu saja, jika kami spesifikan lagi seperti “program-program apa saja yang dapat menaikan dan mencapai penjualan yang anda inginkan” mungkin ada dari anda yang berfikir dengan cara melakukan promo, saya akan mencecar dengan promo seperti apa akan membuat orang tertarik membeli produk/jasa anda.
Mari kita perjelas mengapa kita harus membuat rancangan masa depan bisnis anda.
Kita dapat analogikan persaingan dalam bisnis sebagai perang, bagaimana kita dapat memenangkan persaingan? dengan mengatur strategi yang baik, merancang masa depan untuk bisnis anda sama saja dengan anda mengatur strategi dalam berperang.
Lalu bagaimana menyusun strategi yang baik dalam bisnis?
Membuat rencana bisnis yang baik dengan metode SMART.
SMART adalah akronim dari Spesific, Measurable, Attainable, Relevant, Time Bound.
Rencana yang akan anda buat sebaiknya harus :
  • Spesifik, harus sedetail mungkin sebagai contoh pada bulan april anda menargetkan untuk mendapatkan penjualan sebanyak 300 unit, target tersebut tidak spesifik, anda harus lebih membuat hal tersebut lebih spesifik lagi.
  • Measurable, terhitung secara materil, anda dapat menentukan satuan perhitungan dari setiap targetan yang ingin anda buat.
  • Attainable, rencana yang anda buat harus dapat dicapai, membuat rencana yang tidak dapat dicapai akan menjadi rencana yang sia-sia karena tidak bisa mematoknya sebagai capaian.
  • Relevant, buatlah rencana yang masuk akan dan bersangkutan keberhasilan utama dari tujuan anda membangun bisnis anda.
  • Time-Bound, diikat oleh waktu, dapat diukur dengan satuan waktu dan memiliki batasan waktu untuk mencapai hal yang anda rencanakan.

 

Mungkin anda bertanya-tanya apakah memulai bisnis itu serumit demikian? jika anda ingin memulai bisnis dengan serius maka melangkah lah dengan serius, membuka usaha seperti ini membutuhkan usaha lebih.

4. Membuat Merek Usaha Anda.

membuat merek yang potensial
Langkah selanjutnya adalah membuat merek usaha anda, penamaan akan menentukan bagaimana orang memandang usaha anda. lalu bagaimana membuat nama merek yang baik?
Merek yang baik harus:
  • Mudah diingat
  • Mencitrakan Usaha anda
  • Tidak lebih dari dua kata
  • Menarik

 

Contoh saja merek apple yang mendunia itu, mudah diingat oleh kita bukan? mencitrakan sebagai perusahaan teknologi yang canggih, tidak lebih dari dua kata dan menarik.
Merek yang bagus akan memberikan kemudahan lebih bagi anda untuk menaikan rating dan menjangkau pasar, perusahaan-perusahaan besar jarang tidak pernah membuat merek yang panjang dan sulit karena akan membuat mereka sulit di kemudian hari.

5. Mengelompokan Pasar.

membuat target pasar
Setelah anda membuat merek yang harus anda lakukan adalah mengelompokan target pasar anda, orang-orang yang tidak mengelompokan dagangannya biasanya tidak memiliki banyak pelanggan setia, kecuali anda sudah memiliki nama besar.
Pengelompokan yang baik juga harus detail, seperti:
  • Target usia
  • Gender
  • Minat
  • ketertarikan

 

Kita harus memandang pasar dengan dinamis, tidak hanya pada posisi yang stagnan, maka dari itu anda akan mengalami naik-turun nya usaha.
Dari keadaan seperti itu kreativitas anda akan meningkat dan beradaptasi untuk mengatasi keadaan seperti itu.
Pada awal mula seperti ini anda dapat memasarkan dari mulut ke mulut melalui orang-orang terdekat, tapi tetap mengacu kepada pengelompokan yang dijelaskan di atas.
Jika berbicara tentang pasar, sangat banyak yang harus dilakukan dan masih banyak panduan yang harus dipelajari, namun untuk tahap memulai bisnis cukup sampai disini dulu.

6. Menentukan Lokasi Usaha Anda yang Efektif.

mencari lokasi usaha yang bagus
Lokasi adalah salah satu hal penting yang anda harus tentukan, banyak usaha yang bangkrut karena mereka tidak memiliki konsumen karena tempat yang dipilih tidak membawakan hasil yang baik.
Lalu bagaimana kah kita harus memilih tempat yang baik untuk lokasi usaha kita?
Banyak orang menjawab dengan jawaban, cari lah tempat yang ramai, apakah jawaban ini benar? kami menganggap akan benar jika tempat ramai tersebut bisa memberikan konsumen dan pembeli potensial.
Dalam menentukan lokasi jika mengacu kepada teoritis maka akan ada hitungan matematis yang harus kita lakukan, seperti perhitungan titik impas, perhitungan dengan metode pemeringkatan faktor, atau perhitungan pusat gravitasi.
Perhitungan itu akan terpraktekan jika usaha anda sudah besar dan paham dengan teori-teori tersebut.
Tapi, kami masih awam dengan hal-hal demikian, maka setidaknya kita menentukan lokasi usaha kita berdasarkan hal-hal dasar terlebih dahulu.
Kriteria lokasi usaha yang baik itu seharusnya mempertimbangkan:
  1. Kepadatan Penduduk
  2. Penghasilan Penduduk
  3. Jumlah Persaingan
  4. Jumlah Lalu Lintas Kendaraan
  5. Pusat Keramaian
  6. Zonasi
  7. Harga Sewa.
  8. Dan yang terpenting adalah seberapa besar pembeli potensi yang telah anda kelompokan dalam target pasar yang mendiami dan melalui tempat anda.

 

Tempat yang ramai dengan pembeli potensial yang besar akan membawa usaha anda sukses dengan mudah.

7. Mengelola Produk dan Dagangan Anda.

mengatur produk agar untung
Pada awalnya produk dan usaha anda tidak dikenal, namun pada saat awal-awal ini anda akan dituntut untuk menyediakan produk yang secara kasat mata dapat dilihat jika itu berbentuk barang atau dirasakan jika itu berbentuk jasa.
Khusus untuk barang anda harus mengelola barang usaha anda dengan baik.
Alasananya sebagai validasi kepada para pembeli bahwa produk anda yang terbaik, itulah mengapa kita harus mengelola produk di awal-awal. mengelola produk yang baik itu harus:
  • Tidak berlebihan
  • Tidak kekurangan

 

Harus seimbang, jika pada saat membuka usaha saja anda sudah rugi karena banyak barang yang tak terjual, maka anda akan mengalami kebangkrutan tidak lama lagi.
Sebaliknya jika pada awal-awal saja anda tidak bisa memenuhi permintaan para konsumen anda, anda akan diberikan cap tidak handal.
Perlunya anda membaca keadaan atau setidaknya anda punya persiapan barang yang dapat memenuhi pemintaan konsumen anda nantinya

8. Uji Coba Produk Sebelum Dipasarkan.

Cobalah anda menguji produk anda, hal ini berlaku jika anda membuat produk sendiri, tahap ini cukup penting dilakukan karena:
  • Menghindari Cacat Produksi.
  • Menyempurnakan Produk
  • Memperbaiki Kualitas Produk
  • Mengetahui Respon Pasar Akan Produk kita.

 

Boleh saja anda melewati tahap ini, karena tahap uji coba ini memakan waktu dan uang, tapi jika anda melakukan hal ini anda dapat pengetahuan tentang respon pasar sebelum anda memasuki pasar.
Uji coba tidak harus yang sulit dan sempurna, hal yang paling penting dalam melakukan uji coba produksi adalah mendapatkan pandangan pasar.
kami kira uji coba produk memiliki manfaat besar sebelum anda mulai memasarkan usaha anda.

9. Anda Siap untuk Memasarkan Produk Anda.

produk yang dipasarkan dengan tepat
Oke kita masuk ke dalam aksi inti kita, membuka usaha tanpa penjualan adalah kesia-sian, karena sumber penghidupan usaha anda dari penjualan kan?
Untuk memasarkan usaha anda anda harus mengerti beberapa hal ini agar efektif.
Jika anda ingin memasarkan produk anda, perkirakan dan hitung hal-hal ini:
  • Produk (Anda sudah membaca pada tahap-tahap awal)
  • Place / tempat (Anda sudah membaca pada tahap-tahap awal)
  • Price / harga
  • Promosi.

 

Keempat hal tersebut biasa di dalam bidang marketing disebut sebagai marketing mix dengan konsep 4 P.
Hal yang belum kita bahas adalah harga, mengapa uji coba menjadi penting juga, anda akan mendapatkan info ini juga, apakah harga yang anda patok itu sudah sesuai atau belum.
Mengacu kepada teori ekonomi dan itu benar dan kami pernah mengalami hal tersebut, harga yang murah akan berbanding lurus dengan pembelian, tinggal anda dapat menemukan titik dimana pada harga tersebut anda mendapatkan untung maksimal dan penjualan maksimal.
Sedangkan untuk promosi itu akan berada pada tataran teknis.
Mari kita mengulas tentang promosi:
Kita kategorikan dahulu promosi kepada dua kelompok, promo yang baik dan buruk.
Promo yang baik akan:
  • Meningkatkan Penjualan
  • Menarik Pembeli
  • Menambah Loyalitas Pelanggan
  • Memberikan Untung kepada usaha

 

Sedangkan, Promo yang buruk akan:
  • Menurunkan Penjualan
  • Mengusir Pembeli
  • Membuang-buang Uang
  • Membuat Rugi Usaha Anda

 

Apakah ada promo yang buruk? ada contohnya adalah promo yang mengecewakan para konsumen seperti membuka promosi hadiah bagi 10 orang beruntung, mengapa demikian? karena banyak orang yang akan mengurungkan niat mereka untuk mendapatkan hadiah tersebut.
Hal itu akan efektif jika produk yang ditawarkan eksklusif, mahal, dan sangat berharga bagi orang banyak, seperti promo berhadiah mobil.
Promo anda akan baik jika anda dapat menggerakan orang untuk membeli produk anda, sebagai contoh:
  • Promo Discount.
  • Promo Teaser
  • Promo kupon
  • Memberikan Donasi
  • Promosi untuk Mengapresiasi Pelanggan.

 

Related Post

Bantu Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *