Bisnis Rumahan Part 2

Bisnis Rumahan yang baik

Setelah beberapa hari gak buat artikel, kali ini saya ingin melanjutkan artikel sebelumnya yang sedang saya bahas, yaitu tentang bisnis rumahan, bagi yang belum baca bisnis rumahan yang part 1 silahkan bisa baca di sini
oke, di part 1 atau artikel sebelumnya, saya bahas dasar nya dulu untuk memulai, saya menyebutnya tahap persiapan, saya lebih banyak menitik beratkan kepada mental kalian untuk memulainya, persiapan dan pola pikir untuk membangun bisnis yang dapat dikerjakan di rumah dengan sukses, karena bagi saya dan sepengalaman saya bisnis itu gak ada yang main-main, harus serius dari berbagai sisi, kalo ada yang bilang bisnis cuma sambilan gak serius-serius banget, kemungkinan dia cuma udah seneng ama tuh bisnis alias cinta atau dia udah kebiasaan.
oke kita mulai untuk memulai bisnis rumahan kita, yang pertama kita lakukan adalah memilih bisnis, di artikel sebelumnya, saya menjelaskan hanya sekedarnya, ketika memilih bisnis ini punya sebuah buntut yang panjang untuk dilakukan setelahnya, tidak hanya pesan kirim saja sebenarnya, karena akan berdampak kepada penghasilan yang akan kalian dapat, sebagai contoh orang yang hanya membuka bisnis online dengan hanya promosi-promosi seadanya atau seperti biasa yang dilakukan orang kebanyakan, ya penghasilan hanya kebanyakan orang, berbeda dengan orang yang berkonsep istilahnya, ya mereka juga mengonsep pemasukan, dari mana saja bagaimana caranya dan suksesnya terukur seperti apa.
Prolog lama juga ya? oke lanjut aja.

Memilih Binis yang Baik dan Dampak ke Depan.

memang apa dampak ke depannya? oke beranjak dari pertanyaan ini dulu ya, bagaimana dampak ke depan dari pemilihan bisnis, dampaknya dari segala hal yang akan dihadapi, contoh saja kalian memilih bisnis rumahan membuka warung di rumah, maka pasarnya, cara promosinya, mekanisme transaksinya, serta stocking barangnya yang itu adalah penting sedangkan terkadang terlupakan di awal sedang memilih bisnis.
maka dampak dari itu apa? yaitu:
utama:
  • pasar
  • transaksi
sekundernya:
  • alur distribusi
  • stocking
  • pelayanan
  • branding
  • Promosi
  • Dll
Ribet ya kalo dibaca-baca kayak gini? saya buat memang versi ribetnya, kebanyakan artikel memberikan versi manis dan simplenya, yang membuat orang berfikir memulai bisnis dengan asal yang akhirnya berujung kepada kesudahan bisnis rumahan yang ingin kalian bangun, saya buat berbeda agar belajar secara lengkap.
balik ke masalah dari pemilihan, di artikel sebelumnya saya menanyakan beberapa poin kepada pembaca tentang resources atau sumber daya yang dimiliki, itu untuk temen-temen mengintropeksi potensi untuk membangun bisnis rumahan kalian, karena kita bisa mengambil peluang dari lingkungan.
saya bisa menawarkan beberapa ide untuk dipakai, nanti mekanisme membangunnya bisa di request di kolom komentar:

Bisnis kue dan roti.

bisnis ini cocok untuk ibu, bapak, atau siapa pun yang jago membuat roti dan mempunyai banyak waktu luang, inti dari bisnis ini lebih ditekankan kepada rasa dan kekhasan dari roti atau pun kue yang dibuat, makanya untuk mengambil bisnis ini silahkan dibuat resep rahasia yang dapat membuat orang-orang ingat dan ngiler dengan bisnis anda.

Bisnis Lauk pauk.

masih sama dengan yang diatas, namun yang ini lebih beragam lagi, ini menjadi ide yang bagus jika di jual di lingkungan permukiman yang berekonomi sedang, karena mereka biasanya masih sibuk untuk bekerja, pada pasar dengan ekonomi menengah ini untuk mengambil peluang ini lebih besar, cita rasa tentu harus enak, namun untuk ciri khas tidak diperlukan yang penting adalah harga serta persaingan pelayanan.

Usaha Laundry

ini menarik juga bagi kalian yang punya waktu luang dan mesin cuci, di tahap pertengahan setelah sudah membangun, ada keperluan untuk memperkerjakan orang, karena tidak akan sanggup dihandle sendirian. karena beberapa hal seperti pensortiran, serta tahap gosok, yang memerlukan waktu yang banyak, dan juga usaha laundry ini cocok dengan demografi rata-rata pekerja dan mahasiswa dan tidak berkeluarga, karena di demografi umum usaha laundry ini tidak terlalu laku.

Usaha Warnet.

saya kurang menyarankan ini bagi yang tidak memiliki modal uang besar, tantangan dari bisnis ini adalah peremajaan dan maintence yang baik dan ahli, tidak cocok untuk mereka yang tidak paham untuk hardware dan software, saya akan menebak di tahun kedua tidak dibarengi dengan peremajaan dan maintance yang baik maka akan banyak kerugian. ketika ingin mengambil bisnis ini pastikan sekitar usaha ini dibangun setidaknya dekat dengan permukiman dengan rata-rata usia pernikahan 10-20 tahun, simplenya dengan demografi anak-anak yang banyak, karena pengahasilan dari anak-anak akan sangat banyak.

Bisnis Agen Pembayaran.

usaha ini cukup simple untuk diambil hanya butuh komputer yang terkoneksi dan printer, dan semua bisa melakukannya, memiliki kekurangan lambat untuk berkembang menjadi bisnis rumahan berpenghasilan besar, karena pasar hanya disekitar saja.
itu adalah beberapa opsional yang ditawarkan untuk kalian yang ingin memulai bisnis rumahan dengan mudah, setelah pemilihan jenis bisnis yang mau diambil maka ada beberapa lagi yang harus dipersiapkan untuk kalian memulainya, namun akan saya tuliskan pada artikel selanjutnya, maka dari itu tunggu kelanjutannya.

Leave a Reply