Membangun Tim Manajemen Bisnis untuk Pembisnis Pemula

Memilih Manajamen untuk Bisnis

manajemen dan teamwork untuk bisnis
Ketika bisnis yang kita bangun sudah mulai berkembang pada saat itu kita harus lebih serius untuk membangun tim manajemen untuk mempermudah dan memperlancar bisnis. sebagai pemiliki bisnis anda akan memiliki banyak pekerjaan yang merepotkan jika tidak memiliki tim manajemen.
Pendelegasian tugas menjadi salah satu hal yang penting dalam menajamen bisnis pada tahap awal, seperti memberikan tanggung jawab setiap pekerjaan kepada setipa karyawan yang tepat, keputusan pendelegasian yang tepat akan membuat bisnis lebih baik, sebaliknya jika tidak tepat akan memundurkan bisnis anda.
Memilih jajaran manajemen tidak lah seperti memilih pekerja yang ada di lapangan, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan ketika anda membuat tim manajemen.
Lalu Pertanyaannya akan kembali kepada, bagaimana kita dapat membuat tim yang tepat untuk bisnis kita?
Sebelum kita menjawab pertanyaan di atas sebaiknya kita memutuskan beberapa hal, yaitu tentang apakah anda akan mengambil tim manajemen dari luar atau kah dari dalam? kedua pilihan tersebut tidaklah buruk atau pun terbaik, kedua opsional tersebut boleh diambil dengan catatan adalah:
Orang yang diberikan tugas tersebut dapat melaksanakannya dengan baik, secara singkat jajaran manajmen itu harus memiliki :
  • kapasitas
  • integritas
  • etos kerja

 

Dalam pengambilan manajer dari luar dapat dikatakan mengambil resiko lagi dibanding harus mengambil dari internal bisnis, sebaliknya internal bisnis memiliki kemampuan yang telah terukur dan pernah kita lihat dan ingat tim manajemen harus memiliki 3 kriteria agar membuat bisnis anda berjalan lancar.

Kelebihan dan Kekurangan Mengambil Orang Dalam.

Pada dasarnya ketika anda menerima seorang karyawan anda memiliki sebuah ekspektasi karyawan tersebut dapat menyelesaikan pekerjaan yang anda tugaskan, sebagai contoh anda menerima karyawan marketing untuk marketing, tidak anda pikirkan dia untuk menjadi seorang manajer marketing, karena dalam setiap tingkatan kerja diperlukan syarat yang harus dipenuhi oleh orang-orang yang akan menjadi pengisi posisi tersebut.
Namun, kelebihannya anda dapat mengajarkan kepada pihak internal anda untuk loyal kepada bisnis anda, karena mereka melihat bagaimana teman atau kerbat mereka naik jabatan.
Menumbuhkan moral bersaing dalam pekerjaan pun akan semakin meningkat dibandingkan anda malah tidak mengambil tim menejemen dari dalam bisnis anda.
Sebelum anda mengambul seseorang dari internal untuk menduduki posisi di manajerial, setidaknya anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
Apakah di dalam internal ada seseorang yang dapat melaksanakan tugas ini dengan baik dan menyukseskan bisnis anda?
Jika tidak, apakah di dalam internal ada orang yang dapat dinaikan skillnya untuk dinaikan sebagai jajaran menejemen?
Apakah dia dapat memenuhi ekspektasi dengan waktu yang ditargetkan untuk meningkatkan skill dalam menejerial?
Jika pertanyaan-pertanyaan di atas tidak dapat dijawab, maka sebaiknya anda tidak mengambil orang dari internal, lebih baik anda merekrut orang dari luar untuk mengisi tim menejemen.
Kebanyakan pemimpin bisnis yang sukses itu dikarenakan mereka cinta kepada karyawan dan orang-orang yang mendukung mereka sejak awal, maka dari itu kami berpendapat untuk prioritaskan internal terlebih dahulu baru mencari yang eksternal.

Leave a Reply