Belajar Memahami Kepuasan Pelanggan Sebagai Kunci Sukses Bisnis

Kepuasan Pelanggan di Mata Bisnis.

Kepuasan pelanggan untuk meningkatkan bisnis
Jika anda pernah membaca artikel atau pernah mengikuti kelas-kelas bisnis, pasti anda tidak asing dengan yang namanya dengan kepuasan pelanggan, salah satu yang membuat bisnis anda sukses ialah kepuasan pelanggan yang mendorong pembelian kembali.

Definisi Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli

Kita akan membicarakan kepuasan pelanggan secara ilmiah yang dipelajari oleh para akademisi dan tenaga ahli serta pengalaman lapangan agar anda dapat melihat gambaran secara lengkap:
Sebelum itu mari kita bahas definisi dari kepuasan pelanggan, Menurut Kotler bapak pemasaran dalam bidang pemasaran, kepuasan adalah Perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesan dengan hasil yang diharap-harapkan.
Masih dari orang yang sama tapi di tambah seorang lagi yaitu Armstrong, kepuasan pelanggan adalah sejauh mana anggapan kinerja produk memenuhi harapan sang pembeli.
Jadi dapat disimpulkan adalah bagaimana kita dapat membuat konsumen senang dengan apa yang dibeli oleh mereka dari bisnis kita dengan memenuhi harapan yang mereka sangkakan. Kuncinya adalah memenuhi ekspektasi.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

Nih secara umum suatu produk yang anda buat jika ingin membuat para konsumen itu senang dengan cara:

 

  • Memenuhi harapan mereka dari harga, yaitu harga yang anda tawarkan dari produk anda tidak terlalu mahal dan yang terpenting adalah anda memberi harga tersebut sesuai dengan harapan mereka.
  • Memenuhi harapan mereka dari kualitas produk, ketika mereka membeli produk anda, kualitas yang anda berikan sangat baik, sebagai contoh kualitas produk ban yang baik adalah yang tahan lama.
  • Memenuhi harapan mereka dari segi pelayanan, dengan memberikan pelayanan baik dan ramah setidaknya anda memenuhi rasa senang dengan pelayanan yang memuaskan, tidak membuat mereka marah.
  • Memenuhi harapan mereka dari selera, ini yang sulit untuk diterapkan ke lapangan karena cukup abstrak, namun selera ini dapat diantisipasi dengan memberikan banyak opsi pada satu varian produk, seperti contoh anda menjual mobil dengan berbagai macam warna dan itu semua tersedia.
  • Memenuhi harapan mereka dari biaya tambahan, kepraktisan menjadi salah satu faktor besar pemuas pelanggan, karena dengan adanya kemudahan anda memiliki nilai tambah dibandingkan bisnis orang lain.
Kita sudah mempelajari pada tataran teoritis lalu bagaimana kita dapat membuat hal seperti di atas lebih spesifik dan nyata? mari kita lanjutkan membaca agar hal ini dapat menjadi keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing anda.
Ada sebuah kunci rahasia yang dipegang oleh setiap bisnis yang sukses, jika anda membangun bisnis dan baru memulainya pada saat sekarang-sekarang ini, maka temukan terlebih dahulu kunci tersebut.
Ada sebuah perusahaan penyedia hosting dan domain nasional yang memiliki kunci suksesnya sendiri, yaitu pelayanan yang baik selama 24 jam non-stop, hanya dengan hal itu dia dapat mengalahkan pesaing-pesaingnya yang terlebih dahulu membangun bisnis di bidang tersebut.
Perusahaan tersebut dapat mengalahkan pesaingnya hanya dengan memiliki 1 kelebihan dari faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan, bagaimana jika anda dapat memiliki semua kelebihan di atas?
sudah pasti jawabannya anda dapat mendominasi pasar.

Menciptakan Persepsi yang Benar.

Sebelumnya kita telah mempelajari definisi kepuasan pelanggan, di sana dikatakan bahwa kepuasan pelanggan akan terjadi ketika kita dapat memenuhi ekspektasi mereka atau persepsi mereka terhadap produk bisnis kita.
Hal yang kita perlu perhatikan adalaha bagaimana persepsi itu dibangun dengan benar, karena itu sebagai kunci masuk para konsumen untuk membeli produk kita. Sebagai contoh anda punya persepsi tentang produk kami yang buruk maka anda tidak akan membeli produk kami, sebaliknya jika kami punya produk dan anda memiliki persepsi baik tentang produk kami pasti anda akan membelinya. Kepuasan terjadi ketika sudah membeli dan memanfaatkan produknya.
Nah, penting untuk kita membangun persepsi yang baik di tengah-tengah masyarakat dengan cara-cara berikut ini:
Buatlah Promosi dan Iklan.
Fungsi dari promosi dan iklan itu untuk memberikan sebuah pengetahuan tentang produk mereka dan mengarahkan bagaimana produk kita di mata mereka, membuat iklan yang menarik adalah salah satu keharusan agar produk anda dibeli.
Pembelian yang banyak akan memberikan jumlah percobaan yang besar pada kepuasan, jika anda telah menaruh salah satu faktor pemengaruh kepuasan pada produk anda.

Dari Mulut ke Mulut.

Promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu cara yang efektif untuk menyentuh pelanggan secara baik, ini lebih efektif dari pada iklan jika dilihat secara kualitas, karena bersifat rekomendasi dan rekomendasi lebih dipercaya dari pada hanya menyebarkan dengan masal melalui iklan (pamflet, video, suara, dan berbagai macam media lainnya).
Sebagai pondasi memuaskan pelanggan juga sudah kita bahas, kembali kepada sebuah pertanyaan untuk anda, apakah anda dapat bersaing dengan pesaing anda dengan unggul di 5 faktor pemengaruh kepuasan?
Jika anda telah memiliki perusahaan yang besar hal seperti itu tidaklah menjadi masalah, namun bagaimana jika anda baru merintis bisnis atau masih pada bisnis yang menengah?
Mari kita melihat dari sisi ekonomi setiap faktor.
Faktor harga memiliki resiko besar dan modal yang besar, secara ekonomis anda harus mempertaruhkan 2 hal itu hanya untuk satu keberhasilan, begitu juga pada faktor pada kualitas produk, biaya, dan selera.
Faktor pelayanan menjadi lebih murah dibandingkan 4 faktor sebelumnya, karena anda hanya perlu untuk menaikan SDM menjadi sumber daya yang ramah dan baik di depan pelanggan. kepuasaan dari situ yang menimbulkan pembelian kembali digunakan untuk menaikan 4 faktor lainnya secara bertahap.
Ada beberapa perilaku yang sangat disukai oleh para pelanggan dari suatu perusahaan atau bisnis yang dapat memenuhi ekspektasi dari segi pelayanan.
Perilaku apa sajakah itu?

Menciptakan Kepuasaan Pelanggan dari Faktor Pelayanan

Tidak Menyanggah Pelanggan.

Ketika para pelanggan sedang berbicara, menjadi hal yang penting untuk mendengarkan dengan seksama dan mencernanya baik-baik, jika itu terjadi dengan komplain, anda dengan karyawan anda harusnya dapat memposisikan untuk tidak menyanggah mereka hingga mereka berhenti itu menjadi nilai plus sebagai bisnis yang mengerti kemauan pelanggan.
Selalu Tersedia.
Banyak sekali orang yang mengeluhkan dengan sulit dihubunginya para frontliner atau costumer care, selalu ada untuk mereka untuk menjawab semua keluahan mereka menjadi hal yang sangat baik dan disenangi oleh para konsumen, apalagi jika tim anda mau untuk membantu hingga hal yang teknis dan tanggap ketika mereka menghadapi masalah.
Kenali Mereka Secara Pribadi.
Orang akan terasa terpanggil dan menjadi penting di saat mereka dilakukan secara khusus hingga kepada hal-hal pribadi, seperti mengenali tempat tinggal mereka dan mengucapkan selamat di saat mereka ulang tahun.
Bantu share artikel ini dan like fanspage kami untuk mengembangkan website dan produk-produk dari Cobisnis.

Leave a Reply