Cara Menjadi Wirausaha Sukses Sejak Muda yang Dapat Dilakukan oleh Semua Orang

Menjadi Wirausaha Sukses Sejak Muda

wirausahawan muda sukses

 

 

Hampir semua orang ingin menjadi orang sukses, salah satu yang sangat digemari saat ini adalah menjadi wirausahawan sukses yang memiliki banyak bisnis dan usaha.
Menurut Schumpter wirausaha dapat membantu majunya sebuah negara, maka dari itu negara juga mendorong masyarakatnya menjadi wirausahawan.
sebelum masuk ke dalam inti dari artikel ini kami ingin anda mengerti beberapa hal tentang wirausaha.

Apa itu Wirausaha?

Sebelum anda masuk pada cara menjadi wirausaha anda harus tahu terlebih dahulu pengertian dari wirausaha, agar anda paham, apakah yang anda lakukan nanti adalah benar-benar termasuk sebagai wirausaha atau bukan.
Baiklah mari mengetahui apa itu wirausaha, wirausaha adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu “apa pun itu” yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.
Kita dapat melihat ada perbedaan antara orang yang biasa dengan seorang wirausahawan, yaitu kemampuan untuk menciptakan sesuatu, maka dari sejak saat ini, tanamkan bahwa anda harus memiliki kemampuan untuk membuat sesuatu yang baru.
Banyak sekali orang bertanya-tanya “di umur berapa orang bagus untuk menjadi wirausahawan?”, jika kita mematok sebuah angka maka kita sudah memiliki batasan untuk sukses, mari mengulasnya terlebih dahulu.

Umur Berapa Kita Dapat Sukses Menjadi Wirausahawan?

umur tepat untuk sukses
Pada faktanya, jika melihat pada data rata-rata orang yang dikategorikan sebagai wirausahawan, maka kita akan mendapati angka 40 tahun. mereka sukses pada umur 40 tahun yang kita nilai umur yang tidak muda lagi, padahal kita mencari cara agar sukses di usia muda.
Kami menyarankan untuk tidak terpaku pada usia, karena pada usia berapa pun anda dapat menjadi wirausaha, tidak ada patokan pasti untuk anda memulai sukses menjadi wirausaha.
Tapi ada satu rujukan lagi dari majalah Forbes, yang mengatakan usia paling produktif dan paling pas untuk menjadi wirausahawan yaitu pada umur 20 tahunan, itu didasari oleh fakta-fakta pendiri perusahaan-perusahaan terbesar di dunia, seperti apple, google, facebook dan lain-lainnya.
Kembali lagi kepada anda, apakah anda ingin membatasi waktu sukses anda atau tidak, jika anda menunggu hingga umur anda 20 tahun itu tidak apa-apa.

Alasan untuk Menjadi Wirausaha

Ada hal yang ingin kami tanyakan kepada anda, mengapa anda harus menjadi wirausahawan?
Seberapa penting itu menjadi prioritas anda?
Hal ini penting untuk anda jawab sebagai pondasi kuat menjadi wirausahawan, karena banyak orang tidak memiliki alasan kuat untuk menjadi wirausaha yang berakhir menyia-nyiakan waktunya.
Perlu dipahami, menjadi wirausaha tidaklah mudah dan instan, jalan ini dipenuhi dengan ketekunan dan keuletan untuk memulai dan menjalaninya.
Kami akan memberikan sebuah tujuan dan alasan besar serta sulit dicapai oleh anda, sehingga anda harus benar-benar besar dan sukses untuk menyelesaikan tujuan-tujuan ini.
1. Untuk Memajukan Negara.
2. Untuk memberikan manfaat besar pada banyak orang di dunia
3. Menjadi orang yang dikenang oleh seluruh dunia karena wirausahamu.
Itu lah 3 alasan besar yang harus kita selesaikan agar dapat menjadi wirausaha sukses, jika anda sedang down, malas, atau lelah menjalani hidup sebagai wirausahawan, maka ingat kembali 3 tujuan besar itu.
Sekarang apakah anda merasa bahwa menjadi wirausaha adalah hal yang berat? jika iya, itu bertanda anda menyadari seberapa jauh anda harus melangkah, berarti anda harus memulai langkah-langkah itu dari sekarang bukan?
Sebelum kita memasuki bagaimana langkah tepat untuk menjadi wirausaha sukses sejak muda, kita belajar terlebih dahul dari wirausahawan sukses pada waktu muda.
Wirausahawan Suskes di Dunia

Steve Jobs.

kantor apple
Pelajaran #1 Buatlah Inovasi.
Seorang yang Drop out dari kuliahnya, namun pada usia mudanya sudah menjadi CEO apple sekalogus pendiri perusahaan tersebut, yang harga sahamnya tertinggi pada 2012, walau pun pada awal mulanya kehidupannya sangat menyedihkan, karena dia harus menjual botol bekas Coca-Cola hanya untuk mendapatkan 5 sen.
Yang dia miliki adalah mimpi besar, bagaimana setiap orang dapat memiliki komputernya sendiri, dengan komputer itu, semua pekerjaan mereka dapat ditangani. Untuk pertama kalinya dalam sejarah sebuah komputer memiliki tipografi yang indah dan dapat dipilih sesuai keinginan kita itu terdapat pada produk Macintosh.

Mark Zuckerberg

bermain facebook dan linknya
Pelajaran #2 Ambil lah Resiko
Di usianya yang sangat muda, masih sebagai seorang mahasiswa Mark memulai proyek facebooknya dengan meminjam uang temannya, dia meminjam hingga 17.000 dollar untuk memulai proyek ini, walaupun hasil dari proyek ini tidak lah sebanding karena besarnya hasil yang dia dapat.
dia dengan teman-temannya lebih memilih untuk meninggalkan Harvard untuk memikirkan facebook lebih serius, hingga pergi ke California dan menyewa rumah di Palo Alto untuk membangun kantornya.
Larry Page dan Sergey Brin
google dalam mac usaha
Pelajaran #3 Sederhana Dalam Mencari Ide
Larry page dan Sergey Brin adalah anak dari orang kaya, karena ayah dari mereka adalah doktor di amerika, terlepas dari itu semua mereka memiliki gagasan yang sangat simple, yaitu memudahkan orang untuk mencari informasi, dari hal kecil tersebut lah lahir Google.
Mereka tidak memikirkan hal-hal besar pada awal, mereka hanya ingin membuat semua orang mudah dalam mencari informasi.

Jika anda tidak memulainya sekarang kapan lagi anda memulai?

Mari masuk ke Inti dari artikel ini, bagaimana menjadi wirausaha sukses sejak muda yang dapat dilakukan oleh siapa pun, apakah anda seorang yang miskin atau pun kaya, yang paling penting adalah anda tidak malas dan kreatif.
Cara Menjadi Wirausaha Sukses.

1. Berfikirlah untuk Menciptakan Sesuatu.

mencari ide inspiratif
Seperti yang kita bahas pada paragraf-paragraf awal tentang pengertian wirausaha, berfikir menciptakan sesuatu yang baru adalah konsep dasar untuk menjadikan anda menjadi wirausahawan sukses.
Pada saat berfikir menciptakan sesuatu anda akan berfikir bagaimana menemukan ide baru yang dapat anda terapkan untuk bisnis anda dan atau pun proyek besar anda.
Menciptakan hal itu tidak harus yang besar seperti menemukan penemuan baru di bidang matematika atau menciptakan sebuah teori baru di bidang sains, namun menciptakan hal kecil yang berdampak besar pada kehidupan itu juga bagus, seperti membuat tombol “sleep/wake” pada handphone.
Untuk mendapatkan waktu yang tepat untuk anda berfikir lebih baik, kami menyarankan anda untuk memikirkan ide-ide pembaharuan pada waktu pagi atau saat subuh, karena pada waktu inilah otak anda sedang pada kondisi yang prima.
Di waktu pagi ini lah anda tidak mengalami stress, maka dari itu anda memiliki kesempatan besar untuk menggali ide-ide yang cemerlang.
2. Buat lah Langkah Pasti
membuat rencana yang pasti
Kamu harus tau untuk mencapai tujuan mu sebagai wirausahawan, jika anda tidak tahu langkah-langkah pasti untuk mencapai itu, bagaimana anda dapat mencapainya?
Jika anda masih anak kecil umur 6 tahun, mungkin bermimpi menjadi hal yang baik, tapi jika umur anda sudah mencapai usia yang dewasa, anda dapat berfikir secara rasional, anda harus membuat langkah-langkah pasti menuju kesana.
Seperti contohnya pada tahun ini anda harus membuat produk “A” dan memasarkannya ke 3 daerah, dan setiap bulannya pada tahun tersebut dirancang sedemikian rupa agar tercapai target tahunan tersebut.
Kita tidak berbicara tentang mimpi, tapi kita berbicara masa depan dan masa depan harus diwujudkan dengan tangan anda sendiri.
faktanya 60% orang tidak tahu bagaimana mereka mencapai tujuan mereka, mereka hanya bermimpi dan berfantasi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, maka kami ingin mengatakan untuk berhentilah bermimpi, tapi buatlah menjadi kenyataan.

3. Berikan Solusi Pada Sekitar.

solusi untuk masyarakat
Memecahkan masalah untuk seorang wirausahawan itu adalah hal yang penting, hanya dengan melihat masalah seorang wirausahawan dapat menciptakan hal baru sekaligus solusi untuk masyarakat.
Sebagai contoh:
Masalah buta arah bagi pelancong, maka google memberikan solusi dengan membuat google maps, bukan hanya menciptakan sesuatu yang baru namun juga memberikan solusi bagi orang lain.
Jika seorang wirausahawan dapat dengan mudah menganalisis masalah dan memberikan solusi, maka dia memiliki mental dan jiwa wirausahawan yang baik.

4. Konsisten Melakukan Pengembangan.

konsisten dengan perubahan dan pengembangan
Melakukan yang konsisten sangat diperlukan, karena konsistensi ini lah yang memberikan hasil besar, ketika anda menggeluti sebuah bidang secara konsisten maka kita dapat katakan anda ahli pada bidang tersebut.
Ada hal penting ketika anda sudah berhasil menciptakan sesuatu, yaitu anda harus dapat konsisten mempertahankan title itu, terus melakukan pengembangan pada hal-hal yang anda geluti, seperti apple dan google yang konsisten melakukan pengembangan di bidangnya masing-masing.
Jika anda tidak melakukan pengembangan yang konsisten anda hanya tertelan dimakan oleh waktu, tidak hanya itu lebih buruknya anda seperti tidak pernah muncul dipermukaan.

5. Buatlah Jaringan Pendukung.

jaringan untuk usasa
Membangun jaringan itu penting untuk anda, tanpa adanya dukungan anda akan sulit untuk naik ke puncak, maka dari itu sebagai wirausaha juga anda harus dapat mencari dukungan untuk melancarkan bisnis atau usaha anda.
Berwirausaha berarti memberikan hal-hal baru kepada masyarakat dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada pada lingkungan sekitar mereka, anda harus memiliki jaringan pendukung untuk memperkenalkan ide-ide brilian anda.
Banyak sekali yang mendapatkan penolakan karena mereka tidak memiliki jaringan pendukung yang berakhir pada kegagalan menjadi wirausahawan besar dan sukses.
Buatlah sebuah perincian jaringan pendukung ini lalu kelompokan mereka agar anda dengan mudah memberikan tindakan pada masing-masing kelompok ini:
Misalnya anda memiliki jaringan pemerintah, di dalam kelompok itu ada bupati, DPRD, dinas terkait dengan bisnis dan bidang anda, dan pegawai-pegawai lainnya, dari sini kita dapat memberikan tindakan memperkenalkan ide-ide anda agar lebih mudah diterima masyarakat.
manfaat membuat jaringan pendukung:

 

  1. Mendapatkan dukungan yang besar.
  2. Mempermudah tujuan wirausaha anda.
  3. Kepercayaan yang tinggi

6. Bekerja Keras lah.

bekerja keras menjadi wirausaha sukses
Salah satu alasan banyak orang gagal adalah mereka hanya menginginkan tapi tidak melakukan, pada saat paragraf-paragraf awal pun kami memberikan syarat untuk menjadi seorang wirausaha sukses harus tidak malas, karena mereka hanya mengatakan omong kosong.
Tidak ada yang dicapai hanya dengan bermalas-malasan, lihatlah dari para pendahulu yang sukses untuk mengubah dan menciptakan sesuatu, mereka tidak malas, mereka mencari hal terbaik yang mereka inginkan.
Di sisi lain malas tidak memberikan solusi, malas juga menghancurkan semua impianmu, jadi cara untuk menjadi wirausaha sukses dengan bekerja keras.
Orang-orang sukses terdahulu tidak memikirkan kata lelah, mereka menjalani jalan menuju impiannya, maka jika anda ingin menjadi wirausaha sukses sejak muda, maka bekerja keras lah.

Leave a Reply