Mencari Ide Kreatif Untuk Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan Dengan 2 Metode

Ide Kreatif Untuk Usaha yang Menjanjikan

ide kreatif untuk usaha yang menjanjikan
Memulai usaha atau bisnis sering kali kita mengalami kesulitan, pada tahap awal pun kita bingung untuk memulai bisnis dari mana, sampai pada tahap ide untuk memulai usaha pun kita bertanya-tanya pada diri kita.
Pada suatu titik ketika kita berfikir untuk menemukan ide kreatif dalam membangun usaha atau bisnis, disitulah kemajuan berfikir kita untuk memulainya, karena banyak dari masyarakat mereka melakukan usaha yang sama dengan orang lain, sehingga mereka hanya menjadi pengikut saja.
Melihat usaha-usaha yang maju sekarang ini, seperti Facebook, Apple, Microsoft, Indomie, atau Gojek mereka memiliki suatu persamaan yang sangat mencolok dari bisnis-bisnis yang lain, yaitu nilai tambah dari ide kreatif yang mereka tawarkan pada masyarakat.
Mari kita melihat beberapa negara maju di dunia, seperti Amerika, Jepang, Prancis, Swedia, Jerman dan beberapa negara lainnya, menunjukan angka bisnis kreatif mereka yang tinggi dapat menaikan pendapatan negara mereka, sebelum kita menuju mencari ide kreatif untuk usaha atau bisnis kita mari kita lihat, mengapa kita sulit menemukan ide-ide baru.

Masalah-Masalah Ketika Mencari Ide Kreatif.

sulit untuk berfikir inovatif dan kreatif

1. Terlalu Sempurna.

Ketika memulai bisnis/usaha yang dipikirkan oleh kebanyakan orang adalah role model perusahaan-perusahaan besar, padahal jika kita sadar mereka dulu juga kecil, yang menjadikannya besar adalah proses.
Ide kreatif dapat muncul dengan sendirinya ketika kita memikirkan dengan seksama namun tidak perfeksionis, karena ketahanan bisnis akan teruji oleh bagaimana kita menyelesaikan masalah-masalah dari produk kita sendiri.
berfikir terlalu sempurna akan membuat terus mencari ide-ide yang mustahil untuk diwujudkan yang akhirnya berujung tidak dilakukan usaha anda.

2. Tidak Dihadapkan dengan Masalah.

Salah satu penyebab kita tidak dapat menemukan ide-ide yang bagus dan kreatif untuk bisnis kita, karena kita berfikir secara egois, berfikir bisnis ini dapat berjalan seperti layaknya perusahaan-perusahaan besar.
Menghadapkan pikiran kita kepada masalah yang ada membantu untuk memberikan solusi yang unik dan dapat dijadikan ide bisnis, seperti pada zaman dulu mencuci pakaian adalah hal pribadi yang harus dikerjakan sendiri, namun seiring waktu banyak orang-orang malas untuk mencuci baju, melihat dari masalah tersebut akhirnya muncul ide membuat usaha laundry.

3. Selalu Mencari Untung.

Ini lah masalah yang paling sering dihadapi ketika mencari ide kreatif untuk usaha, yaitu selalu memikirkan keuntung sebelum beraksi.
Lihat setiap usaha yang maju sekarang ini, mereka menawarkan keuntungan atau nilai tambah kepada para konsumennya baru mereka berbisnis atau menjadikan ide itu sebagai usaha.
Memikirkan keuntungan di awal menciptakan konsep bisnis adalah hal yang memotong kreativitas anda, karena segala prespektif pembangunan produk anda akan terpotong dengan keuntungan, jika ide itu tidak menguntungkan akan dibuang dari usaha.
Untuk mendapatkan sebuah ide kreatif untuk usaha yang prospektif kita bisa menggunakan 2 metode ini, yang pertama metode pemecahan masalah dan yang kedua adalah metode ATM, bagaimana kah metode-metode tersebut? mari kita simak lagi.
Ide Kreatif untuk Usaha dari Masalah Sosial Bisnis.
mencari solusi dari masalah sosial
perlu kita ketahui terlebih dahulu bagaimana kita mengidentifikasi sebuah masalah sosial atau masalah yang berada di sekitar kita untuk menenukan bisnis kreatif yang tepat, alasannya melakukan hal tersebut agar mendapatkan pasar yang pasti, jadi bisa dikatakan sekali mendayung dua tiga pulau terlewati.
Dalam mengidentifikasi masalah sosial anda dapat melihat fakta-fakta sosial yang tersajikan jelas di depan mata anda, sebagai contoh fakta sosial adalah :
pada jalan merdeka, banyak lubang sehingga perjalanan para pengguna jalan susah melawati jalan tersebut, kita melihat dari fakta tersebut ada masalahnya yaitu kesulitan para pengendara untuk akses jalan merdeka, benar bukan? lalu bagaimana kita mendapatkan ide dari masalah sosial tersebut?
Selanjutnya mencari solusi dari masalah yang terpaparkan, seperti membuat aplikasi pemberitahu kondisi-kondisi jalan atau usaha bengkel di dekat daerah tersebut, karena biasanya banyak yang mengalami kebocoran ketika kendaraan mereka melalui jalan yang rusak, dan berbagai ide usaha lainnya.

Kita merangkum ciri-ciri masalah sosial sebagai berikut:
1. dirasakan oleh banyak orang.
2. tersembunyi dan tercermin dari fakta sosial.

dari dua ciri tersebut kita dapat mencari ide-ide kreatif dari masalah sosial yang ditimbulkan.

Ide Kreatif dari Metode ATM

Baru saja kita menyelesaikan pencarian ide kreatif melalui masalah sosial, selanjutnya untuk mencari ide kreatif untuk usaha dengan menggunakan metode ATM, apa itu metode ATM?
Kita dapat katakan, metode ATM adalah metode yang sangat cocok untuk orang Indonesia, karena sangat mudah dan tidak terlalu ribet untuk dilakukan, yaitu:
Amati, Tiru, dan Modifikasi.
Kita dapat mencari ide kreatif dengan melakukan metode ini, sebagai contoh:
Kita melihat perusahaan gojek, kita lihat dan amati bagaimana layanan dan produk yang mereka kerjakan, lalu tiru layanan tersebut, namun sebelum diluncurkan dimodifikasi masalah-masalah yang ada, seperti misalnya di Gojek ada masalah para driver adalah orang-orang yang awam, maka buatlah layanan serupa dengan driver-driver berpengalaman.
kekurangan dari metode ATM adalah Inovasi yang ditawarkan tidak terlalu baru, bisa dinilai nilai kreativitas kita tidak terlalu teraplikasikan pada metode ini, namun keduanya dapat memberikan nilai-nilai lebih dengan ide-ide baru.

Ide Adalah Otak Dalam Bisnis yang Prospek di Masa Depan.

nokia menolak berinovasi
Jika kita mengibaratkan bisnis seperti tubuh manusia, maka otak yang membuat badan itu terus bekerja adalah ide, semakin kreatif suatu ide dalam bisnis atau usaha maka akan menggambarkan kecerdasaan yang tinggi pula.
Pada masa depan, kita akan menghadapi persaingan hebat, dan persaingan yang hebat itu timbul dari kreatifnya orang-orang di berbagai belahan dunia, ketika kita tidak berinovasi maka bisnis kita akan mati.
Hal itu sudah terjadi kepada Nokia dan Yahoo, mereka buntu akan inovasi pada akhirnya mereka menjadi terbelakang di bidang bisnis mereka, jika ingin membuat usaha dengan ide yang kreatif, maka cari lah dari permasalahan yang ada atau kekurangan dari produk yang sudah ada.

 

Leave a Reply