Membuat Nama Baik Untuk Usaha dan Bisnis

identitas usaha yang baik
Ketika kita membangun bisnis, salah satu fase krisis yang kita alami adalah membuat nama yang baik dan bagus, nama yang baik bukan hanya sekedar logo dengan desain yang menarik atau pun sebuah gambar untuk menggambarkan bisnis kita, namun nama itu yang membedakan kita antara pesaing kita dan seharusnya memberikan sebuah identitas dan sebuah nilai lebih setiap kali berinteraksi dengan pelanggan kita.
Sebelum kita membuat nama baik yang tepat untuk bisnis kita, ada baiknya juga kita mengetahui mengapa pembuatan nama baik/brand usaha kita menjadi moment yang sangat penting dalam bisnis.
Pertama, identitas atau nama usaha yang kita tentukan akan dibutuhkan ketika bisnis kita berkembang, identitas atau nama yang baik dapat mengemas bagaimana bisnis kita melayani pelanggan, nilai organisasi yang kita tawarkan, misi bisnis dan hal identik yang kita berikan dari bisnis kita, itu lah mengapa nama yang baik diperlukan.
Kunci Membuat Nama Baik Untuk Usaha
Sebuah gambar atau pun warna tidak akan membuat nama yang baik untuk bisnis kita, namun nama yang baik itu kita buat dengan beberapa prinsip sebagai berikut:
Berbeda, mengambarkan perbedaan dari pada kompetitor kita, sehingga dapat menjangkau para konsumen sesuai dengan harapan kita.
Mudah untuk diingat, menjadi penting membuat nama yang mudah diingat, tidak sulit untuk dihafal, contoh adalah indomie, tokobagus, atau apple, yang sekali kita mendengarnya mudah untuk diingat.
Fleksible dan cocok untuk semua skala, nama yang baik tidak bergantung kepada identitas yang terbatasi, contohnya adalah ayam bakar solo, kopi musim dingin, atau nama-nama lainnya yang membatasi usaha kita untuk menjangkau suatu pasar.
Elemen yang cocok (kompak/cohesive), membuat setiap elemen yang ada pada identitas bisnis kita cocok dan kompak, contoh saja google yang mengambil warna merah, hijau, dan kuning untuk lambang perusahaan mereka, melihat warna itu pada logo google sangat enak untuk dipandang.
Mudah diaplikasikan, maksudnya adalah nama yang baik ini ditaruh dimana pun pada bisnis anda itu sangat mudah, contoh saja suatu nama ditaruh di mug dan nama bisnis kita masih enak untuk dipandang dan tidak menghilangkan feel dari nama usaha kita.

Proses Untuk Membuat Nama yang Baik.

untuk mendapatkan nama yang baik sesuai dengan kriteria di atas, maka ada proses-proses yang harus kita lakukan agar mendapatkan nama yang baik untuk usaha kita dengan maksimal.

Melakukan Riset.

menjadi penting dalam prosesi setiap bisnis adalah melakukan riset pada setiap langkah yang diambil, alasannya adalah untuk mengukur keberhasilan yang akan kita dapatkan pada masa depan, pada membuat identitas usaha pun juga diperlukan riset agar tepat seperti yang kita inginkan.
Maka setidaknya ketika kita melakukan riset, kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
  • Siapakah konsumen yang akan kita ambil?
  • Nilai apa saja yang ingin dimunculkan?
  • Siapa saja kompetitor kita?

 

Ketika kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas dalam membuat nama baik dan bagus untuk usaha kita, maka kita dapat membuat nama yang baik, sisanya kita memvisualisasikan sebuah nama untuk usaha kita berdasarkan hasil temuan pada riset kita.
Tetaplah untuk maju dalam membangun usaha kita, karena satu hal kecil dapat memberikan hasil yang berbeda.

Leave a Reply