Cara Sukses Pendaftaran Merek/Merk Dagang Bisnis Anda

Cara Sukses Pendaftaran Merek/Merk Dagang Bisnis Anda

merek dagang dunia
Menjadi seorang pembisnis pastinya tidak ingin produk-produk yang dihasilkan diklaim oleh pihak lain, maka dari itu mendaftarkan merek/merk dagang bisnis anda sangatlah penting, mendaftarkan bisnis ke Ditjen HKI akan memberikan legalitas kepada bisnis anda.
Beberapa orang memilih untuk memulai bisnisnya terlebih dahulu baru mengurus pendaftaran merek dagang mereka, pada banyak kasus klaim terhadap identitas produk atau merek/merk dagang sangat lah marak terjadi, namun karena tidak berkekuatan hukum maka hal tersebut tidak bisa dituntut.
Legalitas pada produk anda memberikan keamanan merek/merk produk yang anda ciptakan, penyengketaan dapat mudah dimenangkan oleh anda, dengan begitu anda sudah berhak untuk menuntut siapa pun yang menggunakan identitas produk anda tanpa izin.
Anda hanya perlu mendaftarkan merek/merk dagang anda di ditjen HKI, berikut cara sukses agar pendaftaran merek/merk dagang anda tidak ditolak oleh ditjen HKI:

Periksa Merek/Merk Dagang.

Sebelum anda mendaftarkan merek/merk dagang anda, terlebih dahulu anda mengecek apakah merek tersebut masih dapat didaftarkan atau tidak, karena kebanyakan orang ditolak saat pendaftaran karena kesamaan merek/merk dagang dengan orang lain, akhirnya merek/merk dagang yang dibuat tidak dapat digunakan sebagai merek andalan.
Bagaimana memeriksan merek/merk dagang yang sudah ada? anda dapat mencarinya melalui mesin pencarian google, yahoo, bing, dan berbagai lainnya atau kunjungi halaman WIPO sebagai pusat database merek/merk dagang atau brand yang ada di dunia silahkan kunjungi halama ini.
Perlu diperhatikan untuk dikategorikan sebagai plagiasi menurut undang-undang jika logo, bentuk, tulisan, sebagian atau keseluruhan mirip dengan merek atau brand orang lain, dijabarkan undang-undang tersebut sebagai berikut:

Menurut pasal 6 Ayat 1 huruf a dan b UU No. 15 Tahun 2001, permohonan akan ditolak apabila:
a. mempunyai persamaan pada pokok atau keseluruhan merek milik pihak lain yang sudah terdaftar terlebih dahulu untuk barang/jasa yang sejenis.
b. mempunyai persamaan pada pokok atau keseluruhannya dengan merek yang sudah terkenal milik pihak lain untuk barang dan atau sejenisnya.

Jadi hati-hati ya untuk memilih merek/merk dagang kamu.

Persiapkan persyaratan untuk mendaftar.

silahkan anda lengkapi persyaratan-persyaratan untuk mendaftar di kementrian HKI, ada pun persyaratan dari permohononan merek/merk dagang sebagai berikut:
1. Mengisi permohonan pengajuan merek dagang. (permohonan dilakukan oleh perorangan atau perusahaan) dengan data yang lengkap. form dapat diakses melalui internet di sini.
2. Menyiapkan contoh merek/merk berukuran 9×9 cm dan 2×2 cm.
3. Menyiapkan daftar barang atau jasa yang ingin diberikan merek.
4. Surat kepemilikan dari pemohon
5. Surat kuasa (bagi para konsultan pembuatan Merek dagang)
6. Foto kopi KTP pemohon.
7. Foto kopi NPWP (Bagi pemohon Perusahaan).

Biaya Pendaftaran Merek/Merk dagang.

Biaya Pendaftaran Merek UMKM (Usaha Mikro dan Usaha Kecil)
1. secara online : Rp. 500.000 Per Kelas (Persatu produk)
2. secara manual: Rp. 600.000 Per Kelas (Persatu Produk)
Biaya Pendaftaran Merek Umum
1. Secara Online: Rp. 1.800.000 per kelas (persatu produk)

2. Secara manual: Rp. 2.000.000 per kelas (persatu produk)

Alamat Ditjen HKI

Silahkan daftarkan semua itu ke situs resminya di dgip.go.id, jika anda berminat untuk langsung mendaftarkan diri melalui manual atau secara fisik anda dapat mengunjungi lokasi ditjen HKI pada alamat:
Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual.
Jl. Daan Mogot KM 24, Tangerang- 15119
Telpon & Fax: 021-5524995
Email: domark@dgip.go.id

Menunggu Hasil Persetujuan.

Jika anda sudah mengajukan dengan semua prosedur yang ada, silahkan menunggu untuk proses hasil dari Ditjen HKI mengenai merek/merk dagang anda, kira-kira hingga 10 hari ke depan, setelah pengumuman hasil dikeluarkan yang disetujui selamat atas keberhasilannya, yang belum dicoba kembali atau melakukan banding.

*refrensi untuk mendaftarkan merek/merk atau brand dagang dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti peraturan dari pemerintahan, karena biasanya ada beberapa sosialiasi untuk para UMKM dan oleh pemerintah biaya pendaftaran lebih dibuat murah.

Satu Cara Ampuh Terakhir untuk Mendaftarkan Merek/Merk Dagang Anda.
Satu cara terakhir agar merek dagang anda mudah dan tidak ribet dalam pengajuan, kami menyarankan anda untuk mengontak jasa pengaplikasian permohonan merek/.merk dagang, biasanya mereka full support dari konsultasi hingga akhir dari pembuatan.

Leave a Reply