9 Langkah Membangun Bisnis Sampingan yang Menjanjikan Bagi Para Karyawan (Full-Time Job)

Prespektif Membangun Bisnis Sampingan

Bisnis sampingan yang menjanjikan
lebih dari ribuan bisnis dibangun di Indonesia, namun fakta di atas tidak menggambarkan perkembangan ekonomi kepada Indonesia secara signifikan.
Beberapa alasan mengapa bisnis di Indonesia tidak memberikan efek adalah karena mereka membangun untuk gagal, ada beberapa alasan mengapa mereka gagal, tapi kebanyakan dikarenakan mereka tidak konsisten dan berkonsep matang.
namun, di samping banyaknya bisnis di Indonesia yang tidak membuahkan hasil, ada jutaan di sisi lain yang memberikan waktu mereka hanya untuk digaji secara konsisten, yang artinya waktu mereka dibeli oleh perusahaan.
Dengan adanya kemampuan orang-orang hebat dalam perusahaan tersebut, perusahaan semakin berkembang dan maju sedangkan para karyawan harus menikmati gaji yang konsisten.
Beberapa orang sukses dengan bisnis mereka ada yang memulai bisnis mereka ketika mereka masih bekerja sebagai karyawan, tidak menutup kemungkinan seorang karyawan untuk memulai bisnis sampingan yang menjanjikan.
Mari kita mulai dengan, jangan keluar dari kantor (resign) sebelum bisnis anda terbangun.
Mengapa seperti itu? mari kita perjelas sedikit untuk hal ini.
Pada dasarnya karyawan adalah mereka yang sulit untuk mengambil resiko, sedangkan bisnis adalah dunia yang penuh dengan resiko.
pada mulanya ketika seseorang memulai bisnis, mereka akan memulai untuk membangun, seperti layaknya rumah, membangun memerlukan modal dan keuletan tingkat tinggi dan disitu keuntungan belum datang memenuhi kebutuhan.
jika kalian tidak ingin ribet, sulit, dan sesuatu yang instan, silahkan mencari ide-ide bisnis sampingan yang dapat lakukan karyawan, namun jika anda ingin membuat bisnis sampingan yang menjanjikan serta dapat memberikan kebabasan finansial kepada anda, silahkan untuk meneruskan.
Mari kita mulai bagaimana membangun bisnis sampingan untuk karyawan full time yang menjanjikan untuk masa depan.

Langkah-Langkah Membangun Bisnis Sampingan

1. Buatlah Komitmen untuk Fokus Membangun Bisnis Ini.
bisnis dengan komitmen kepada diri sendiri
Awal mula memulai seharusnya kita berfikir dan kenali diri sendiri dengan ketertarikan untuk membangun bisnis ini, coba tanyakan seberapa ingin dan siap anda untuk membangun bisnis sampingan ini?
Ada kejadian dalam hidup kita yang sebenarnya dapat mengedukasi kita dalam membangun bisnis ini, seperti kondisi ketika sedang jatuh cinta. pada saat kita jatuh cinta dalam keadaan apa pun kita akan menjalaninya, itu lah yang disebut sebuah komitmen.
Pada faktanya, membangun bisnis yang benar-benar bagus itu memerlukan banyak pengorbanan, antara kondisi anda sebagai karyawan full-time dan membangun bisnis ini harus memiliki hubungan yang harmoni.
Membuat antara pekerjaan dan bisnis dapat singkron, anda perlu membuat sebuah aturan-aturan yang disitu memuat bagaimana anda mengatasi masalah-masalah yang ditimbulkan ketika membangun bisnis dan juga kebutuhan anda selama membangun bisnis.
Dengan demikian, kita dapat memastikan dengan baik, bagaimana kita mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita dikemudian hari.

2. Mencari Kelebihan dan Ketertarikan Pada Suatu Bidang.

skill dan keahlian kerja
Membangun bisnis tidak bisa seperti membuat gado-gado, atau bisa dibilang campur aduk, toko kelontong pun tidak bisa gado-gado, mereka menjual kebutuhan sehari-hari tapi tidak menjual baju atau jasa pengetikan, maka buatlah sebuah ketertarikan.
Pada bidang apa kita ahli? dalam membangun bisnis sampingan yang serius, anda perlu memiliki keahlian-keahlian agar lancar, sebagai contoh seorang pembisnis di bidang web setidaknya mengerti bagaimana web itu dibangun.
Mempunyai skill pada bisnis yang akan kita bangun membantu kita mengerti medan bisnis yang akan kita tempuh, akan menjadi lucu ketika kita memulai bisnis kita tidak tahu apa-apa tentang bisnis itu. akan mudah dibohongi dan gagal.
Sejujurnya, dalam membangun situs ini pun kami perlu mempelajari banyak keahlian, mulai dari belajar HTML5, CSS3, SEO, Internet marketing, hingga hal kecil seperti menulis artikel yang baik.
Pada dasarnya ketertarikan dan kelebihan dapat memberikan kemudahan kepada anda untuk membangun bisnis sampingan anda.

3. Yakinkan Bisnis yang Dibangun Adalah yang Baik.

menyakinkan bisnis sukses
Menurut Fortune alasan orang gagal dalam membangun bisnis adalah karena barang/jasa yang diproduksi oleh mereka tidak diinginkan oleh pasar.
Harus disadari juga bahwa pasar adalah penentu dari berkembangnya bisnis anda nantinya, percuma kan jika kita memiliki produk tapi tidak ada yang membeli, pada langkah ini anda perlu untuk melakukan riset.
Membuat riset terhadap bisnis anda itu penting, kekuatan data dapat memberikan prediksi yang tepat, dan bahkan di beberapa bisnis besar membuat riset untuk bisnis mereka adalah hal yang penting.
Buat riset yang dapat menyakinkan bidang bisnis yang anda ambil, seperti dengan memberikan testimoni dan melihat peluang-peluang pembelian.
Pada dasarnya manusia akan melihat ide yang mereka keluarkan sebagai ide yang cemerlang, namun dihadapan orang lain, ide tersebut belum tentu cemerlang, maka perlu keyakinan akan bidang bisnis yang akan diambil.

4. Membuat Nilai Tambah pada Bisnis Anda.

membuat nilai tambah produk yang unik
Mengapa kita membeli suatu produk? kami akan menguraikan begini, ketika orang membeli produk Apple, mereka akan berkata kelebihan-kelebihan dari produk Apple, seperti Apple itu keren dan eksklusif, padahal jika melihat lagi sampai pada ujungnya adalah nilai produk yang tidak ada pada produk lainnya.
Beberapa bisnis tidak menerapkan hal demikian yang mengakibatkan para konsumen mereka tidak loyal, karena jika dipikir ada produk lain yang dapat menggantikan produk mereka.
Nilai tambah yang anda buat untuk produk anda dapat dibuat pada berbagai aspek, seperti aspek manajemen produk, pada saat menghadapi pelanggan, pada pengiriman, atau pada sambutan pertama kepada pelanggan.
Jangan meremehkan hal kecil, karena hal-hal kecil terkadang menjadi perhatian sebagian orang. ketika mesin ketik hanya memiliki sebuah font saja itu tidak lah menjadi masalah, namun saat ini font yang berbeda menjadi sebuah kebutuhan.
Temukan sesuatu yang akan membuat bisnis anda terlihat keren, jika anda belum dapat menemukannya cobalah beberapa trik dari kami tentang membuat ide kreatif untuk bisnis anda, dalam artikel tersebut anda dapat mengetahi bagaimana anda mencari nilai tambah untuk bisnis anda.

5. Buatlah Detil Tujuan Bisnis yang Relevan.

membuat target bisnis
Jika kita tidak ingin gagal, pastikan dan buatlah kegagalan itu tidak datang kepada kita, dengan cara membuat tujuan untuk bisnis kita secara spesifik dan relevan.
Tanpa tujuan yang jelas, kita hanya akan membuat bisnis berjalan di tempat, apalagi anda adalah seorang karyawan yang memiliki masa kontrak kerja. membuang waktu karena tidak tahu akan pergi kemana bisnis anda akan membuat anda menyesal.
Secara tidak langsung tujuan dibuat juga untuk mengefesienkan waktu yang digunakan oleh anda selagi masih menyandang status karyawan, semakin cepat bisnis besar, semakin besar anda berhenti dan menikmati hasil kerja anda.
Pada saat ini, anda seharusnya tidak hanya mensetting tujuan yang berjangka bulanan atau pun tahunan, tapi anda membuat tujuan detail dengan bagaimana anda mencapai tujuan tersebut langkah demi langkah setiap harinya.
Pacu dengan deadline yang didasari dengan komitmen anda di awal, itu akan membantu anda untuk melaksanakan apa yang sudah anda rencanakan.
Jika anda bingung bagaimana menentukan tujuan bisnis anda, cobalah baca artikel tentang tujuan hidup dan cara mencapainya, disitu dijelaskan bagaimana anda membuat tujuan detail dan dapat diwujudkan di kehidupan anda dan di dalam bisnis anda dapat diterapkan.

6. Membuat Rancangan Bagaimana Bisnis Anda Muncul.

merancang bisnis
Sebuah hentakan kepada khalayak dan pasar diperlukan, momen-momen seperti itu akan menjadi kondisi yang sangat mudah diingat oleh calon pelanggan anda.
Suatu momen itu perlu dirancang sedemikian rupa. kita sering melihat soft opening atau grand launching produk baru bukan? ini agar para konsumen melihat kebutuhan mereka dapat dipenuhi oleh bisnis anda.
Di sisi lain ini adalah batu loncatan anda dalam menjalani bisnis anda, kesalahan pada kesan pertama akan memberikan branding buruk kepada bisnis anda, maka pada momen pertama ini harus menjadi momen hebat.
7. Berikan Kekurangan Bisnis Anda Kepada yang Dapat Mengerjakannya.
Kita bukan lah manusia super yang dapat melakukan segala sesuatu dengan sendiri, kelemahan kita perlu ditutupi. fokus kepada yang menjadi inti bisnis anda.
Yang kita bicarakan pada langkah ini adalah bagaimana anda fokus untuk mengembangkan dan membangun bisnis inti anda.
Sebagai contoh adalah anda tidak memiliki kemampuan untuk membangun website, maka berikan hal tersebut kepada ahlinya, mereka akan mengerjakan untuk anda.
Jika kita menghitung secara matematis, akan lebih efesien anda menyewa orang untuk menutupi kekurangan pada bisnis anda dari pada anda harus belajar dan menghabiskan fokus anda kepada hal yang bukan menjadi inti bisnis anda.
Berikan saja yang terbaik kepada inti bisnis anda, ketika sesuatu tidak diberikan pada ahlinya maka kita akan menunggu kehancurannya saja.

8. Carilah Tanggapan yang Objektif Tentang Bisnis Anda.

mencari tanggapan tentang produk kita
Sebelum anda memastikan anda dapat membuat bisnis sampingan yang menjamin masa depan anda, pastikan produk-produk anda sudah kokoh dan minimal dalam cacat kualitas.
Menjadi satu langkah penting untuk ke depannya adalah menyaring kembali tanggapan setelah anda meluncurkan produk atau jasa anda, hal evaluasi seperti ini yang diperlukan oleh bisnis anda.
Kami dapat mengatakan bahwa hal tersebut adalah salah satu hal yang kritikal untuk bisnis anda, karena dengan adanya evaluasi anda dapat meningkatkan peforma bisnis anda dan meminimalisir perginya para konsumen.
Tanggapan yang diambil harus objektif, anda dapat membuat quesioner atau pun survei kepada konsumen anda, jangan membuat penilaian subjektif untuk mengevaluasi produk anda, karena itu akan mempengaruhi hasil perbaikan di mata konsumen.
9. Tentukan Titik Anda Harus Fokus Secara Penuh pada Bisnis Anda.
Melihat hasil yang dihasilkan dengan memiliki bisnis sendiri dan bekerja dengan orang lain akan sangat berbeda, anda yang memiliki tanggung jawab secara full untuk mengatur segala hal yang ada pada bisnis anda.
Pada titik yang sibuk dengan penjualan produk anda dituntut untuk fokus pada bisnis anda, dan pada titik mana anda akan berhenti dari pekerjaan anda untuk mengurus bisnis sampingan yang anda bangun, hanya anda yang dapat mengira dan menentukan.
Beberapa pandangan para karyawan menganggap untuk menunda-nunda untuk mengurus secara penuh bisnis sampingan mereka, seolah bisnis ini tidak menjamin kehidupan mereka.
Jika kita membangun bisnis sampingan dengan langkah-langkah di atas, kita akan menemukan titik dimana kita akan mengurusi bisnis ini secara penuh.
namun, sebagai hal yang pasti dan wajar untuk para karyawan untuk menentukan titik ini adalah pada titik tersebut bisnis ini telah kokoh dan konsumen memiliki tingkat loyalitas yang tinggi.
Tidak ada sebuah kesuksesan yang dicapai dengan mudah, karena perjuangan mengajarkan arti betapa berharganya sebuah proses dan pengalaman, itulah mengapa perusahaan lebih menyukai karyawan yang memiliki pengalaman yang banyak dibanding karyawan dengan modal sertifikasi.
Habiskan masa bersusah-susahmu dengan cepat, agar keberhasilan datang lebih cepat juga.

Leave a Reply