Subhanallah!!! Ini lah Rahasia di Balik Menutup Mulut Saat Menguap.

Menguap harus ditutup kenapa?
Dalam keadaan mengantuk biasanya kita akan menguap. Untuk beberapa orang menguap dengan membuka mulut dengan lebar adalah hal yang biasa dan menjadi kebiasaan, ada juga yang mengeluarkan suara dengan kencang ketika menguap.
Seorang muslim harusnya tidak asing dengan hadist nabi tentang menguap yang berbunyi “bersin itu dari Allah dan menguap itu dari setan, jika salah seorang menguap maka tutuplah mulutnya dengan tangannya dan jika ia katakan ahh…. maka setan tertawa di dalam perutnya, sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap”.
Dalam sebuah penelitian menguap dikatakan sebagai reaksi anti social, karena dianggap oleh sebagian orang sebagai reaksi bosan atau pun sudah lelah.
dalam menguap pun diungkapkan bagaimana adab yang baik yang dicontohkan oleh rasullullah, ada pun adab yang baik dalam menguap sebagai berikut:

Berusaha untuk menutup mulut semampunya.

 

Dalam hal ini jika seseorang sedang menguap sebisa mungkin kuapan itu ditahan, bahwa rasul mengatakan “apabila seseorang menguap saat shalat, hendaknya ia berusahan menahan kuapan sebisa mungkin, karena setan bisa masuk”.

Menutup dengan tangan.

 

Seperti pada hadist yang disebutkan di awal, ketika orang menguap hendaknya untuk menutup dengan tangan sehingga tidak menimbulkan suara “ah….” atau pun suara-suara yang lain.
Beberapa orang mungkin menganggap sebuah ajaran agama menjadi praktik yang tidak penting dan tidak didasari oleh fakta dan tidak masuk akal, namun dalam hal menguap ada beberapa penelitian yang mengungkapkan urgensinya.
Menguap secara berlebihan dapat mengakibatkan masalah kesehatan, salah satunya adalah kerusakana jantung dan serangan jantung, yang meyebabkan anda harus memompa udara lebih banyak dibandingkan biasanya.

 

Dalam sebuah makalah yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Medical Hypotheses, ilmuwan Gary Hack dari University of Maryland dan Andrew Gallup dari Princeton University menulis bahwa, selama menguap, sinus akan melenguh (mengucapkan ah…) untuk mendinginkan otak. Jika Anda menderita sinus kemacetan, Anda mungkin menguap lagi.

 

 
Ketika anda terus-menerus menguap dengan lenguhan akan mengakibatkan pusing dan mual untuk anda, ini disebabkan karena reaksi vasovagal yang biasa menjadi penyebab orang-orang pingsan.
 

 

Dalam setiap kegiatan sehari-hari rasul mengajarkan hingga sampai hal-hal yang kecil dan yang dianggap sepele oleh sebagian orang, namun sesungguhnya di hal-hal kecil itu ada hikmah yang besar yang dapat dipetik.

Leave a Reply