Membuat Desain Produk yang Dapat Menaikan Penjualan

Membuat Desain Produk yang Dapat Menaikan Perhatian Konsumen untuk Membeli

 

product design is easy

 

Apakah sebuah desain atau kemasan dari produk itu penting? jawabannya adalah “iya”, kemasan mempengaruhi cara kita memandang produk, menurut sebuah penelitian kita hanya perlu waktu 7 detik untuk menilai suatu produk, maka dari itu lah dapat kita nilai desain produk itu sangat penting untuk bisnis.
Sebelum kita memasuki inti dari artikel ini, apakah anda tahu apa itu desain produk?

Definisi Desain Produk.

Desain produk adalah proses penciptaan produk baru yang akan dijual oleh perusahaan untuk pelanggannya. mencakup kemasan serta bagaimana konsumen menggunakan produk anda.
Produk dengan kemasan yang menarik sangat disukai oleh para konsumen walaupun fungsi produk anda dengan produk yang lain sama.
Dengan adanya kemasan atau desain yang baik, anda sebenarnya sudah mengurangi biaya promosi, karena dari kemasan tersebut sudah dapat menggambarkan betapa bagusnya produk yang anda jual.
Agar lebih jelas lagi mari kita ketahui terlebih dahulu alasan-alasan mengapa anda harus membuat desain produk yang menarik.

Alasan Desain Produk Anda Harus Menarik.

Kemasan Adalah Presentasi Usaha Anda

Kemasan dari produk anda menggambarkan bagaimana merek anda berkomunikasi dengan para konsumen, dari kemasan ini lah akan tergambar icon, font, warna dan berbagai macam hal yang ada pada bisnis anda.
Kemasan itu sama pentingnya dengan karyawan yang melayani konsumen, kantor yang dapat dilihat dan dirasakan, dan slogan yang digembar-gemborkan oleh bisnis anda, tidak hanya itu kemasan produk lah satu-satunya yang dapat dibawa oleh pelanggan ke rumah mereka masing-masing dan diteliti lagi oleh mereka sebagai validasi atas merek anda.

Kemasan Produk Membantu Konsumen untuk Lebih Cepat Memilih.

Biasanya dalam kemasan ada beberapa informasi yang dapat dilihat oleh konsumen, seperti kandungan gizi. Di kemasan itu lah anda dapat memberitahukan bahwa produk anda lebih baik dari pada produk yang lain, maka dari itu kami mengatakan desain produk yang baik dapat mengurangi biaya promosi.
Selain itu, konsumen dengan mudah memilih produk yang ingin mereka beli dari kemasan, dari informasi yang dikumpulkan oleh mereka dari kemasan masing-masing produk, hal ini akan menjadi kesempatan kita agar para konsumen membeli produk yang kita buat.

Kemasan Membantu Konsumen untuk Mengingat Produk Kita.

Dengan adanya desain yang menarik para konsumen akan dengan mudah mengenali bahwa produk tersebut adalah buatan bisnis kita, ketika mereka mencari produk kita di rak-rak toko, warung, atau mini market mereka akan dengan mudah menemukan produk kita.
Dalam hal yang tidak disadari pun sesungguhnya kemasan telah menanamkan sebuah ingatan tentang produk kita, terlebih jika kita memiliki sebuah icon yang khas, itu akan lebih mudah untuk membuat konsumen lebih loyal.
Beberapa survei mengatakan bahwa desain dari produk yang baik akan memberikan efek yang kuat, sebagai berikut:

 

  • Sekitar 52% konsumen akan kembali membeli jika mereka mendapatkan kemasan yang istimewa.
  • sekitar 90% akan menggunakan kembali kemasan yang bisa digunakan kembali seperti: botol, kardus, dll
  • sekitar 30% konsumen akan memberikan perhatian lebih jika produk tersebut memiliki desain yang menarik.

 

Kemasan Produk yang Baik Dapat Meningkatkan Penjualan Melalui Online.

Sebuah studi mengatakan bahwa sekitar 74 % anak muda (18-25 tahun) lebih senang untuk memposting suatu produk dengan kemasan yang menarik, jika kita manfaatkan hal demikian anda dengan mudah memangkas biaya promosi online, setidaknya 74% konsumen dari kalangan anak muda kan melakukan untuk bisnis anda secara gratis.
Dari 74% yang memposting produk anda akan ada 40% teman mereka yang akan mengklik suka atau pun love untuk foto-foto yang menggambarkan produk dengan kemasan yang menarik.
Dan sesungguhnya anak muda tidak tertarik dengan iklan yang dilakukan di media sosial mereka namun lebih tertarik kepada apa yang direkomendasikan oleh teman mereka.
Menarik bukan dengan membuat desain produk yang menarik anda dengan mudah mendapatkan pasar yang luas apalagi jika kita padukan dengan teknologi sosial media saat ini, anda akan mendapatkan pasar yang luas dengan mudah.
Semua hal di atas akan anda dapatkan kecuali jika anda dapat membuat kemasan yang menarik, jika tidak anda tidak akan mendapatkan hal tersebut.
pertanyaan inti kita adalah bagaimana kita dapat membuat desain produk yang menarik?
Mari kita masuk kepada inti dari artikel ini.

Rahasia Membuat Desain Produk yang Menarik

Kami hanya akan memberikan 3 kunci rahasia yang dapat membuat desain produk anda menjadi idola pasar yang anda sasar.
Jika kalian belum cukup puas dengan data-data di atas tentang desain produk, kami akan menambahkan satu data lagi tentang pengaruh dari pengelihatan, sekitar 80% kita akan dipengaruhi oleh penglihatan kita dan hanya 10% saja kita dipengaruhi oleh pendengaran, maka dari itu membuat desain yang menarik akan mempengaruhi 80% kepada persepsi tentang produk.
Dari data di atas kita akan membuat desain yang menarik dan jelas untuk meningkatkan penjualan, mari kita membuat desain produknya!

Buat lah kemasan yang intuitif

bagaimana membuat desain yang intuitif dengan membuat desain yang mendorong dan mengajak mereka untuk memegang dan melihat produk kita dan tanpa harus melihat banyak hal di kemasan kita, mereka sudah tahu produk anda menjual apa.
Buatlah sesuatu yang menggambarkan kemudahan untuk digunakan, itu menjadi salah satu hal yang menarik minat para konsumen, seperti menggambar posisi tangan disamping kemasan yang menggambarkan cara yang benar untuk memegang kemasan tersebut.

Gunakan icon dengan kata-kata merek anda.

Merek bisnis anda yang hanya berisikan kata-kata harus ditunjang dengan icon yang powefull, tidak hanya itu saja, kemasan yang hanya berisikan tulisan akan terlihat membosankan, karena yang kita ketahui koran atau bacaan saja yang memiliki banyak kata.
Seperti kandungan gizi anda harus sertakan icon yang dapat menarik minat para konsumen, itu mempermudah mereka dalam memahami apa yang anda presentasikan.

Buat Kemasan yang Sederhana.

Membuat kemasan agar menarik dengan banyaknya elemen yang ada pada kemanasan malah memperburuk citra dari merek anda, tidak hanya itu pada era saat ini kemasan packaging yang sederhana lebih menarik dibandingkan kemasan yang rame.
Karena bisa kita pastikan dan nilai produk mana yang memiliki gaya yang elegan dalam penyajiannya, maka dari itu membuat kemasan tidak harus rame dengan warna serta icon, tetapi juga memikirkan ke-eleganan dari kemasan tersebut.
Berikut beberapa contoh desain produk yang baik:
desain produk untuk susu kemasan

 

desain produk tas belanja

 

desain produk kotak yang menarik

 

desain produk kecantikan yang baik

 

desain produk kardus yang elegan

 

karung yang baik untuk kemasan produk

 

 

Leave a Reply