3 Cara Menghilangkan Kemalasan Dengan Mudah

Cara menghilangkan kemalasan – Malas sering menjadi penghalang kita bekerja lebih produktif, ketika datang ide untuk melakukan pekerjaan yang sedang kita kerjakan, malas menjadi alasan utama untuk membuat kita berdiam diri, walau pun kita sebenarnya juga membutuhkan istirahat, namun antara kemalasan dan istirahat adalah sesuatu yang sangat berbeda, karena istirahat menghilangkan rasa capek yang kita rasakan hingga benar-benar hilang dan kembali bekerja setelah hilang capeknya.
malas menurut kbbi adalah malas/ma·las/ a 1 tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu: orang yg — itu lebih senang mengemis dp bekerja; 2 segan; tidak suka; tidak bernafsu: — rasanya mengunjungi rapat spt itu; jangan — bertanya;
malas-malasan/ma·las-ma·las·an/ v bermalas-malas;
bermalas-malas/ber·ma·las-ma·las/ v duduk (tiduran dsb) tanpa berbuat sesuatu (berlengah-lengah): ia sehari-harian – saja di rumahnya;
memalaskan/me·ma·las·kan/ v menjadikan (menyebabkan) malas: itulah yg – hatiku membaca buku itu;
pemalas/pe·ma·las/ n (orang) yg suka malas; yg bersifat malas: ia – dan suka berjudi;
kemalasan/ke·ma·las·an/ 1 n perihal malas; sifat (keadaan) malas: jika datang -nya, ia tidak bergerak dr tempat tidurnya; 2 a terlalu malas; malas yg berlebihan.
sumber : KBBI

Sebelum melangkah kepada cara mengatasi kemalasan kita lihat dulu apa yang menjadi penyebab terjadinya kemalasan itu:

Penyebab Kemalasan

Kenapa perlu mengetahui penyebab kemalasan? itu lah kenapa kita setelah mengatasi kemalasan, kemalasan itu kembali lagi menyerang, intinya untuk pencegahan agar sebelum kita malas kita menghindarinya, karena inti agar kita tidak malas itu adalah dengan menghindarinya.

Penyebab malas menurut ahli Dollard dan Miller, ahli psikologi dari Amerika Serikat adalah “kebiasan”, kita sudah terbiasa melakukannya dan itu terus terulang menjadi rutinitas sehingga untuk menghilangkannya menjadi susah, sebagai contoh ketika kita ingin memulai bekerja pada waktu subuh tubuh dan badan terasa sulit digerakan dan ingin tidur, karena kebiasaannya kita pada waktu subuh adalah tidur.

Dalam studi psikologi masih bisa dihilangkan kemalasan jika ditreatment secara benar, ada pun yang menjadi kendala adalah konsisten untuk melakukannya dan menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Malas

Ada beberapa cara yang bisa mengatasinya

  • Faktor Internal.

Niat untuk menghilangkan. 

Awali dengan niat terlebih dahulu, karena segala sesuatu itu tergantung dari niatnya, memang niat saja tidak akan menghilangkannya, namun niat juga yang membuat malas mulai menghilang.

Memulai dari yang paling disukai

Memulailah dari yang sangat disukai, seperti dengan bermain dulu sebelum mengerjakan pekerjaan atau minum kopi terlebih dahulu agar lebih mudah menerima pekerjaan itu.

Ingat sesuatu yang harus diperjuangkan dengan pekerjaan tersebut

Ingat dengan orang-orang yang bergantung kepadamu, seperti istri yang sudah menunggu di rumah untuk kamu bawakan rezeki atau anak yang sudah menunggu kelaparan di rumah.

  • Faktor Eksternal

Meminta nasihat kepada yang dianggap bijak

Cobalah untuk meminta nasihat atau motivasi kepada orang-orang di sekitarmu yang kamu anggap dia bijak dalam menjalani kehidupan ini, sehingga tumbuh semangat dalam diri untuk tidak bermalas-malasan

Bandingkan dengan yang lebih sukses darimu

Bandingkan dengan orang-orang yang sama sepertimu namun dia lebih sukses karena dia tidak bermalasan, seperti sahabat kita yang suka bercanda namun dia lebih sukses karena dia tidak bermalas-malasan.

Demikianlah cara bagaimana mengatasi kemalasan yang sering kali mendatangi kita, semoga bermanfaat artikel saya kali ini, jika ada yang masih belum jelas dan dimengerti bisa ditanyakan langsung di komentar.

Leave a Reply