Kata Bijak Soekarno Semasa Hidup nya

Seokarno atau dalam ejaan modern Indonesia saat ini adalah sukarno, menjadi seorang tokoh sentral di Indonesia ini. dia adalah seorang yang sangat fenomenal yang mampu membangkitkan semangat rakyat Indonesia yang sedang dirundung euforia kemerdekaan dengan pidato dan kata katanya yang menyihir semangat rakyat.
ilustrasi soekarno berpidato
ilustrasi soekarno berpidato
demikian lah yang sebenarnya terjadi, soekarno sebagai presiden pertama Indonesia memiliki karismatik yang besar, membuat pidato-pidatonya sangat hebat. mengguncang Indonesia bahkan dunia ( buku: Sukarno vs Kartosuwiryo).
Kata indah dan penuh inspirasi itu tidak keluar begitu saja, melihat dari sejarah, beliau termasuk orang-orang terdidik yang ada pada saat itu. orang tuanya Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai adalah orang terpandang di masa itu, ayahnya Raden Soekemi adalah pengajar sekolah dasar di Singaraja, Bali ( baca: Wikipedia) dan ibunya juga seorang keturunan bangsawan.
pada masa mudanya melakukan praktek pidato di depan kaca dengan penuh semangat yang berapi-api, meskipun begitu hal tersebut lah yang dinilai sangat sukses membuat proklamator Indonesia ini menjadi kharismatik.

bagaimana kata bijak soekarno sebenarnya?

mari kita simak kata bijak beliau semasa hidup:

“kita tidak mendirikan negara untuk satu orang, satu golongan, namun untuk semua, satu untuk semua, semua untuk satu”

 tersampaikan saat pidato tentang dasar negara pada satu juni 1945, menyampaikan pendapat dengan lantang dan membuat inspirasi yang berbeda pada sidang tersebut. (lihat: pusakaindonesia)

“hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri yang dapat berdiri dengan kuatnya”

kata bijak di atas diambil dari pidato proklamasi pada 17 agustus yang secara penuh (lihat: niasonline)

“barang siapa yang menginginkan mutiara maka dia harus menyelam ke dalamnya lautan”

“tidak ada satu pun dasar negara yang menjelma menjadi realitas tanpa perjuangan”

“Firman tuhan ini lah gitaku, firman tuhan inilah yang harusnya menjadi gitamu “innallaha laa yughoyiru ma bi qoimin, hatta yughoyiru maa bi anfusihim” “tuhan tidak akan merubah suatu kaum hingga kaum itu sendiri yang merubahnya”

“bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”

“kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di dalam pancaroba, jadi tetaplah bersemangat elang rajawali”

“gantunglah cita-citamu setinggi langit, biar jika kamu jatuh kamu jatuh di antara bintang-bintang”

“bangunlah satu dunia dimana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan”

“kemerdekaan itu bagai jembatan dan di seberang jembatan”

“orang yang tidak mengabdi kepada tuhan dengan tidak mengabdi kepada manusia… tuhan bersemayam di gubuk si miskin”

baca juga:
Kumpulan Kata Kata Bijak untuk Menemani Indahnya Pagi Hari

ini lah yang kami bisa berikan kepada kalian dari kumpulan kata kata bijak beliau yang selalu menginspirasi bangsa, walau hanya pendek kata kami menyajikannya semoga bisa bermanfaat untuk pembaca.
untuk membahas beliau kata-kata kami tidak akan habis jika tidak dibatasi, karena begitu panjangnya perjalanan hidup beliau yang sangat hebat. silahkan dibagikan kepada teman kalian jika bermanfaat.

Leave a Reply